Desain Modul Pembelajaran Matakuliah Praktik Batu Beton Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Onesimus Sampebua(1*), Panennungi Panennungi(2), Rahmansah Rahmansah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian adalah membuat modul pembelajaran mata kuliah Praktik Batu Beton pada jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Tenik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan lima tahapan yang didasarkan pada metode research and development yaitu pengumpulan data, desain modul, validasi modul oleh ahli, revisi modul, dan modul dapat digunakan. Desain modul praktek batu beton meliputi sampul modul, kata pengantar, deskripsi modul, petunjuk penggunaan modul, dan job sheet praktik kerja batu beton. Modul praktik batu beton dapat membantu / memudahkan mahasiswa, dosen, dan asisten laboratorium dalam melaksanakan praktikum dan mahasiswa terampil dalam kegiatan praktikum batu beton.

 

Kata Kunci: Batu Beton, Praktik, Desain Modul, Job Sheet

Full Text:

PDF

References


Aditia, M. Taufik & Muspiroh, N. (2013). Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di Sma Nu (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scienticiae Educatia, 2(2), 8–9.

Aji, S. D., Hudha, M. N., & Rismawati, A. Y. (2017). Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830

Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2017). Penyusunan Modul Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Authentic Assessment Portofolio. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 20–29. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i2.3475

Gede Ekayana, A. A. (2019). Modul Pembelajaran Mata Kuliah Internet of Things. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 159. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i2.17594

Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Academia, 37(1), 11–26.

Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Nugroho, Y. S., Suyitno, S., Daryanto, D., Achmad, F., Ningrum, L. E. C., & Rohman, M. (2019). Modul Pembelajaran Mata Kuliah Energi Alternatif Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 93. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8923

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Parmin, & Peniati, E. (2012). modul mata kuliah strategi belajar mengajar ipa berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2006

Prastyaningrum, I., & Imansari, N. (2017). Modul Pembelajaran Mata Kuliah Teori Medan. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1(2), 56. https://doi.org/10.25273/jupiter.v1i2.999

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul pembelajaran. Academia, 1–11.

Rezky, A. A. (2021). Modul Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Telekomunikasi Bergerak Pada Program Studi Teknik Elektronika Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Septiani, M. T., & Hasanah, M. (2019). Media Audio Visual untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p031

Setyaningsih, T., & S, F. (2020). Analisis Pemanfaatan Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Media Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(9), 132–149. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10447

Yandri, H., Daharnis, & Nirwana, H. (2013). Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying di Sekolah. Konselor, 2(1), 98– 106. https://doi.org/10.24036/0201321866-0-00


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.