Sistem Informasi Bimbingan Skripsi Online

Mustafa Mustafa(1*), Sumarlin Mus(2), Faizal Faizal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan sistem informasi bimbingan skripsi secara online di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Desain penelitian dalam pembuatan aplikasi bimbingan online ini dimuali dari analisis kebutuhan yang dilanjutkan dengan pengembangan sistem.  Pengembangan aplikasi sistem bimbingan olnline ini akan menggunakan metode sekuensial linier (waterfall). Metode waterfall merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem sampai pada analisis, desain, kode, test, dan pemeliharaan. Hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa Sistem Pembimbingan Skripsi Online berbasis web telah dikembangkan dengan baik dan berjalan secara maksimal.  Berdasarkan hasil uji sistem telah berjalan sesuai dengan proses pembimbingan skripsi baik untuk akun ketua jurusan atau sekretaris jurusan, dosen, dan juga mahasiswa.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Bimbingan Skripsi

Full Text:

PDF

References


Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261.

Indrajit, R. E. (2011). Peranan teknologi informasi pada perguruan tinggi. Paradigma, Konsep, Strategi Implementasi, Jakarta: APTIKOM.

Lian, B. (2019). Tanggung jawab Tridharma perguruan tinggi menjawab kebutuhan masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Paramartha, A., Darmawiguna, I. G. M., Kertiasih, N. K., & Khoerniawan, R. W. (2017). Sistem Informasi Pembimbingan Skripsi Online Berbasis Web (Studi Kasus: Ftk, Undiksha). Proceeding Semnasvoktek, 2, 56–64.

Rini, F., & Purnama, F. (2019). Bimbingan Skripsi Online berbasis Web Pada Program Studi Sistem Informasi STMIK Nurdin Hamzah. SEMINAR NASIONAL APTIKOM (SEMNASTIK) 2019, 520–527.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. J. Ilmu-Ilmu Inform. Dan Manaj. STMIK, No. November, 1–5.


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.