Eksplorasi Motif Kain Sutera Bugis pada Pembuatan Busana Pesta dengan Teknik Lekapan Kain

Asiani Abu(1*), Kurniati Kurniati(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian rekayasa yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui desain busana pesta menggunakan  motif sutera bugis dengan  teknik lekapan, 2) Mengetahui teknik lekapan motif kain sutera pada busana pesta, 3) Mengetahui proses pembuatan busana pesta menggunakan motif sutera bugis dengan teknik lekapan., 4) Mengetahui pendapat panelis tentang hasil busana pesta  menggunakan motif sutera dengan teknik lekapan kain sutera  dengan teknik lekapan kain. Penelitian ini merukapan penelitian rekayasa. Instrument pengumpulan data yang dilakukan yaitu Focus Group Discussion (FGD), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Desain tersebut berada pada kategori sangat baik, dapat dilihat pada bahan, pemilihan warna, serta motif berada pada kategori sangat baik. 2) Teknik lekapan motif kain sutera pada busana pesta dilakukan dengan menyiapkan alat dan bahan sampai membordir motif dengan menggunakan benang emasyang sesuai warna motif pucuk rebung. 3) Teknik pembuatan busana pesta diawali dengan mendesain, konstruksi pola, rancangan bahan, menggunting, menjahit baju, melekapkan motif sampai tahap finishing serta 4) Pendapat panelis terhadap hasil busana pesta berada pada kategori baik dengan rata-rata skor adalah 93,75%.

 

Kata Kunci: Eksplorasi, Motif kain Sutera, Busana Pesta, Lekapan Kain


Full Text:

PDF

References


Arfiani., Dewi. (2015). Padu Padan Busana Etnik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Ariati.N.L.D., Sudirtha.I.G., Angendari.M.D. (2018). Pengembangan Busana Pesta Malam dengan Sumber Ide Busana Ratu Elizabeth Kerajaan Inggris.

Jumariah., Isna.P. (2020). Perancangan Busana Evening dari Bahan Batik Bayat dengan Hiasan Payet dan Swarovski. Jurnal Socia Akademika. 6(2).

Bella.D., Wiana.W. (2022). Eksplorasi Teknik Lekapan pada Busana Pesta dengan Sumber Ide Rumah Balon dan Bunga Anggrek Tien. Jurnal Da Moda. 3(2). Retrieved from: ISSN. 2715-0585.

Kim., Kara. (2017). Fashion From A to Z. Jakarta: Badan Penerbit Kompas Gramedia. Kurniati, Irmayanti. Teknik Menghias Kain. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sekartinah.S., Astuti. (2021). Eksplorasi Motif Tumpal Sarung Betawi pada Busana Pesta dengan Hiasan Teknik Lekapan Payet. Jurnal Teknologi Busana dan Boga.9 (2). Retrieved from: ISSN.2528-708


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.