Pengaruh Pengungkapan Diri dan Prasangka Terhadap Penyelesaian Konflik Perkawinan pada Pasangan Menikah di Kota Makassar

Sitti Murdiana(1*), Ismalandari Ismail(2), Novi Yanti Pratiwi(3), Rahmat Permadi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh pengungkapan diri dan prasangka terhadap penyelesaian konflik perkawinan di Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket   sebagai metode dalam pengambilan datanya. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dalam pengambilan sampel. Jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu berjumlah 64 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pengungkapan diri dan prasangka terhadap penyelesaian konflik perkawinan pada pasangan menikah di Kota Makassar. Pengungkapan diri dan prasangka dapat mempengaruhi penyelesaian konflik perkawinan, namun penyelesaian konflik perkawinan lebih dominan dipengaruhi oleh factor lain.

 

Kata Kunci: Prasangka, Keterbukaan, Penyelesaian konflik

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2007). Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Deutsch, Morton. Coleman,Peter T. & Marcus, Eric. 2006. The Handbook of Conflict Resolution; Theory and Practice. San Francisco. Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Farida, I. A. (1996). Manajemen Konflik pada Remaja yang Tinggal Bersama Orangtua dan Remaja Panti di Malang. Skripsi (tidak diterbitkan). Jogjakarta. Fakultas Psikolgi, UGM.

Gottman. John M. 1994. The Seven Principle for Making Marriage Work. New York. Crown Publishers, Inc.

Hutagalung, I.(2007). Pengembangan kepribadian. Jakarta: Indeks

Kline, G. H., Pleasant, N. D., Whitton, S. W., & Markman, H. J. (2006). Understanding Couple Conflict. In A. L. Vangelisti & D. Perlman (Eds.), The Cambridge handbook of personal relationships (pp. 445–462). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511606632.025

Miller, Rowland. S. 2017. Intimate Relationship. Eighth Edition. New York. McGraw-Hill Education.

Murdiana, Sitti. 2020. Validity Of Marital Conflict Resolution Scale Using Reflective Measurement Model of PLS-SEM. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia).

Noller, Patricia & Feeney, Judith A. 2002. Understanding Marriage. Cambridge. Cambridge University Press.

Robbianto, S. B. Lestari, and T. Rahardjo. 2013.Pengelolaan Konflik Yang Bersumber Pada Prasangka Sosial (Kasus Suami Lebih Muda-Isteri Lebih Tua). Interaksi Online, vol. 1, no. 3, Aug. 2013. [Online].


Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.