Persepsi Siswa Terhadap Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Makassar Berbasis Online di SMA/SMK/MA/SLALB di Sulawesi Selatan

Kembong Daeng(1*), Sakinah Fitri(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar bahasa dan sastra Makassar berbasis online  untuk siswa SMA/SMK/MA/SMALB di Sulawesi Selatan. Penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi dari Sugiyono. Model ini meliputi 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji coba pemakaian, 9) Revisi produk, dan 10) Produk Massal. Rangkaian penelitian ini berlangsung selama satu tahun, mencakup kegiatan pengembangan bahan ajar bahasa dan sastra Makassar berbasis online untuk siswa dan persepsi siswa SMA/SMK/MA/SMALB di Sulawesi Selatan terhadap bahan ajar yang dihasilkan. Penelitian ini dilaksanakan pada guru bahasa Makassar sebagai praktisi dan siswa SMA/SMK/MA/SMALB di Sulawesi Selatan, yaitu: Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, sebagian Kabupaten Bulukumba, dan Kabupaten Selayar. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi bahan ajar, lembar observasi, dan hasil persepsi siswa terhadap bahan ajar yang telah dihasilkan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini, yaitu: (1) bahan ajar bahasa Makassar berbasis online yang layak dan sesuai dengan capaian pembelajaran, dan (2) persepsi siswa SMA/SMK/MA/SMALB di Sulawesi Selatan terhadap bahan ajar online yang telah dihasilkan.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Bahasa dan Sastra Makassar, Pembelajaran Online

Full Text:

PDF

References


Daeng, Kembong. 2013. “Pemberdayaan Ungkapan Bahasa Daerah (Makassar) dalam Pembentukan Karakter Bangsa” Makalah. Disampaikan pada Kongres Bahasa Indonesia X di Jakarta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Peraturan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan No. 79 Tahun 2018.

Peraturan pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: PN Pustaka Yustisia.


Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.