Impelementasi Penyelenggaran Pendidikan Tinggi Vokasi Selama Era Pandemi Covid-19

Hamsu Abdul Gani(1*), Andika Wahyudi Gani(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini menelaah tentang implementasi penyelanggaran pendidikan tinggi vokasi selama era pandemi Covid-19. Tujuannya, untuk melihat bagaimana dampak pandemi Covid-19 terdahap penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di kampus vokasi yang sejatinya harus senantiasa bertemu atau melakukan pelatihan kebugaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kaulitatif, sedangkan pendekatannya adalah fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di perguruan tinggi pelayaran, yakni: Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dan Politeknik Pelayaran Barombong. Adapun waktu hasilnya adalah selama covid-19 pembelajaran di dua instutusi ini tidak berjalan dengan maksimal karena pembelajaran dilakukan secara daring. Sementara perguruan tinggi vokasi diharapkan berfokus pada pengembangan teknis dan praktis. Kebutuhan tersebut membutuhkan keterlibatan langsung: akademik membutuhkan praktik lapangan, sedangkan non-akademik berupa pengembangan karakter taruna yang hanya efektif dilakukkan apabila dilakukan secara langsung. Implikasinya, perguruan tinggi vokasi tidak mampu menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kualifikasi pelayaran nasional dan internasional.

 

Kata Kunci: Pendidikan Tinggi Vokasi, Covid-19, Standar Kualifikasi Pelaut

Full Text:

PDF

References


A. Michael Huberman Matthew B. Miles. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods SourceBook. Arizona State University.

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Creswell, J. W. (2019). Research Design; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (IV). Pustaka Pelajar.

Dai, G., P. De Meuse, K., & Tang, K. Y. (2013). The Role of Learning Agility in Executive Career Success : The Results of Two Field Studies. Journal of Managerial Issues, 25(2), 108–131. https://www.jstor.org/stable/43488163

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375.

Dwiana, A. S., & Luasiani. (2021). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Perguruan Tinggi Maritim Saat Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional, 3(1). http://e-journal.akpelni.ac.id/index.php/prosiding-nsmis/article/download/210/221

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (1 ed.). Samudra Biru.

Galés, N. L., & Ray, G. (n.d.). Educational Agility. In Korzeniecka-bondar, A. Barbara, & Verlag (Eds.), Rethinking Teacher Education for the 21st Century. https://www.jstor.org/stable/j.ctvpb3xhh.10%0AJSTOR

Gentry, J. W. (1990). What is experiential learning. Guide to business gaming and experiential learning, 9, 20.

Hatmo, S. H. D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring. Scholaria: Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 11(2), 115–122.

Hartanto, C. F. B., & Haryani. (2020). Analisis tata kelola standar pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan tinggi vokasi kemaritiman di Indonesia. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v2i1.14

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.

Hilmi, A. Z., & Firdausy, S. (2021). Efektivitas komunikasi dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di kota makassar. Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 114–126.

Irwan, Raharjo, T. J., Martono, & Wirawan S. (2021). The Influence of Pandemic Period on Physical Fitness Coaching For Sailor Cadets in Boarding School Program. 11, 1628–1636. https://doi.org/10.48047/rigeo.11.09.141

J.R. Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Leavy, P. (2014). The Oxford Handbook of Qualitative Research. OXFORD University Press.

Murrell, P. H., & Claxton, C. S. (1987). Experiential learning theory as a guide for effective teaching. Counselor education and supervision, 27(1), 4–14.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Penta, I., & Maharani, A. (2021). Implementasi Model Blended Learning Vokasi Pada Masa Pandemi Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, October. https://www.researchgate.net/profile/Anita-Maharani/publication/355356729_Prosiding_Seminar_Nasional_Teknologi_Pembelajaran_Universitas_Negeri_Malang_Tahun_2021/links/616b9de9b90c51266254f4e8/Prosiding-Seminar-Nasional-Teknologi-Pembelajaran-Universitas-N

Putrawangsa, S. (2018). Desain Pembelajaran (1 ed.). Reka Karya Amerta.

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705–709. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010

Qasim, M., & Maskiah, M. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 484–492.

Rahmi, R. (2020). Inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 111–123.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.

Sharlanova, V. (2004). Experiential learning. Trakia Journal of Sciences, 2(4), 36–39.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas pelaksanaan pengajaran online pada masa pandemi covid-19 dengan metode survey sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203.

Spatz, C., & P Kardas, E. (2008). Research Methods in Psychology: Ideas, Techniques, and Reports. MA: McGrawHill Higher Education.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta.

Sukoco, J. B., Kurniawati, N. I., Werdani, R. E., & Windriya. (2019). Pemahaman pendidikan vokasi di jenjang pendidikan tinggi bagi masyarakat. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(01), 23–26.

Susanna, D. (2020). When will the COVID-19 pandemic in indonesia end? Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 15(4).

Susilawati, S., Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147–1156. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.954

Tongco, M. D. C. (2007). Purposive sampling as a tool for informant selection.

UNESCO. (2020). Ensuring effective distance learning during COVID-19 disruption Guidance for teachers Education SectorUnited Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

YF La Kahija. (2017). Penelitian Fenomenologis Jalan Memahami Pengalaman Hidup. PT. Kanisius.


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.