Pengaruh Pengetahuan Las Terhadap Keterampilan Mengelas pada Siswa SMK Negeri Jurusan Pengelasan di Kabupaten Bulukumba

Hamzah Nur(1*), Ismail Aqsha(2), Baso Riadi Husda(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan las terhadap keterampilan mengelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 6 Bulukumba (26 orang), SMK Negeri 3 Bulukumba (25 orang) dan SMK Negeri 1 Bulukumba (19 orang) sehingga jumlah seluruhnya 70 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pengetahuan las terhadap keterampilan mengelas siswa SMK Negeri 6, 3, dan 1 Bulukumba sebesar 83,4% dengan interpretasi sangat kuat.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Las, Keterampilan, Mengelas

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsudin. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Anwar, K. 2019. Hubungan Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Las Oxy Asetilin. Padang : UNP

Azwar, 2004. Sikap Manusia, Teori & Pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar, Dalimunthe, K.T. 2018. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Terhadap Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Las Besi. Medan: STIKes Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, 2012. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Farida, A. M. 2006. Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Pemakaian Alat Pelindung Masker pada Tenaga Pengelas di Wilayah Karangrejo Kota Semarang, Semarang: Skripsi FKMUNDIP

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hamzah B. Uno, 2011. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Inayah, Ridaul, dkk. 2012. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siwa, Dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar. Surakarta: USM

Jdamiko, Dwi. 2008. Teori Pengelasan Logam.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Leli, Delfa. 2021. Kontribusi Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Wacana Eksposisi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Batipuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

Muhroji, dkk. 2004. Manajemen Pendidikan. Surakarta : UMS Press Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta

Pramono, J. 2017. Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) Untuk SMK/MAK Kelas XI. Yogyakarta: Andi

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rorimpandey, M. 2014. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Tindakan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Pengelasan Di Bengkel Las. Manado: USR

Sabri, A. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Pendoman Ilmu Jaya

Sanjaya, W. 2010. Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana

Sardiman, A.M (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Setyowati, 2007. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Semarang: UNS

Singer, K1987. Membina Hasrat Belajar Di Sekolah (Terjemahan).Bandung: CV Remadja Karya

Sugihartono, 2007. Psikologi pendidikan. Yoyakarta: UNY Suharsimi, 2008. Manajement Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media

Sukmana, Irza. 2019. Peningkatan Pengetahuan Dan Kemampuan Dasar Pengelasan Maju (Advanced Welding). Lampung: Unila

Sunadi, L. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Surabaya: Unesa

Suranto, 2017. Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) Untuk SMK/MAK Kelas XI. Yogyakarta: Andi

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

The Liang Gie, 2002. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi

The Liang Gie, 2004.Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa.Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Trisnowali, A. 2017. Pengaruh motivasi berprestasi, minat belajar matematika, dan sikap belajar matematika terhadap hasil belajar matematika. Watampone: STKIP Muhammadiyah Bone.

Wasty, Sumanto. 2006. Psikologi Pendidikan (landasan kerja pemimpin pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta

Wicaksono, Pekik. 2012. Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Yoyakarta: UNY


Article Metrics

Abstract view : 193 times | PDF view : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.