Pengaruh Pengetahuan Las Terhadap Keterampilan Mengelas pada Siswa SMK Negeri Jurusan Pengelasan di Kabupaten Bulukumba
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan las terhadap keterampilan mengelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 6 Bulukumba (26 orang), SMK Negeri 3 Bulukumba (25 orang) dan SMK Negeri 1 Bulukumba (19 orang) sehingga jumlah seluruhnya 70 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pengetahuan las terhadap keterampilan mengelas siswa SMK Negeri 6, 3, dan 1 Bulukumba sebesar 83,4% dengan interpretasi sangat kuat.
Kata Kunci: Pengetahuan, Las, Keterampilan, Mengelas
Full Text:
PDFReferences
Abin Syamsudin. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Anwar, K. 2019. Hubungan Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Las Oxy Asetilin. Padang : UNP
Azwar, 2004. Sikap Manusia, Teori & Pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar, Dalimunthe, K.T. 2018. Hubungan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Terhadap Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Las Besi. Medan: STIKes Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono, 2012. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Farida, A. M. 2006. Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Pemakaian Alat Pelindung Masker pada Tenaga Pengelas di Wilayah Karangrejo Kota Semarang, Semarang: Skripsi FKMUNDIP
Hamalik, O. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hamzah B. Uno, 2011. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Inayah, Ridaul, dkk. 2012. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siwa, Dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar. Surakarta: USM
Jdamiko, Dwi. 2008. Teori Pengelasan Logam.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Leli, Delfa. 2021. Kontribusi Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Wacana Eksposisi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Batipuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Muhroji, dkk. 2004. Manajemen Pendidikan. Surakarta : UMS Press Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta
Pramono, J. 2017. Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) Untuk SMK/MAK Kelas XI. Yogyakarta: Andi
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rorimpandey, M. 2014. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Tindakan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Pengelasan Di Bengkel Las. Manado: USR
Sabri, A. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Pendoman Ilmu Jaya
Sanjaya, W. 2010. Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana
Sardiman, A.M (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Setyowati, 2007. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Semarang: UNS
Singer, K1987. Membina Hasrat Belajar Di Sekolah (Terjemahan).Bandung: CV Remadja Karya
Sugihartono, 2007. Psikologi pendidikan. Yoyakarta: UNY Suharsimi, 2008. Manajement Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media
Sukmana, Irza. 2019. Peningkatan Pengetahuan Dan Kemampuan Dasar Pengelasan Maju (Advanced Welding). Lampung: Unila
Sunadi, L. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Surabaya: Unesa
Suranto, 2017. Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) Untuk SMK/MAK Kelas XI. Yogyakarta: Andi
Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
The Liang Gie, 2002. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi
The Liang Gie, 2004.Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa.Yogyakarta : Gajah Mada University Press
Trisnowali, A. 2017. Pengaruh motivasi berprestasi, minat belajar matematika, dan sikap belajar matematika terhadap hasil belajar matematika. Watampone: STKIP Muhammadiyah Bone.
Wasty, Sumanto. 2006. Psikologi Pendidikan (landasan kerja pemimpin pendidikan). Jakarta: Rineka Cipta
Wicaksono, Pekik. 2012. Pengaruh Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Yoyakarta: UNY
Article Metrics
Abstract view : 193 times | PDF view : 122 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.