Pengaruh Pengetahuan Perubahan Lingkungan, Penerimaan Informasi dan Kecerdasan Naturalistik terhadap Kepedulian Lingkungan Peserta Didik Kelas II SMP Negeri di Kabupaten Maros

Firdaus Daud(1*), Arsad Bahri(2), Andi Citra Pratiwi(3), Nurfiana Abdullah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengetahuan perubahan lingkungan, penerimaan  informasi, kecerdasan naturalistik, dan kepedulian lingkungan, 2) pengaruh pengetahuan perubahan lingkungan dan penerimaan informasi secara simultan terhadap kecerdasan naturalistik 3) pengaruh pengetahuan perubahan lingkungan, penerimaan informasi, dan kecerdasan naturalistik secara simultan terhadap kepedulian lingkungan, 4) pengaruh pengetahuan perubahan lingkungan dan penerimaan informasi secara simultan terhadap kepedulian lingkungan, 5) pengaruh langsung pengetahuan perubahan lingkungan terhadap kecerdasan naturalistik, 6) pengaruh langsung penerimaan informasi terhadap kecerdasan naturalistik, 7) Pengaruh langsung kecerdasan naturalistik terhadap kepedulian lingkungan, 8) Pengaruh pengetahuan perubahan lingkungan secara tidak langsung (melalui kecerdasan naturalistik) terhadap kepedulian lingkungan, 9) pengaruh penerimaan informasi secara tidak langsung (melalui kecerdasan naturalistik) terhadap kepedulian lingkungan peserta didik kelas II SMPN di   Kabupaten  Maros. Penelitian ini merupakan penelitian ex-pos facto. Bila Mengkaji pengaruh kausal antar variabel, maka jenis ini termasuk penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SMP Negeri  Kabupaten Maros. Penentuan sampel dengan menggunakan tabel Issac and   Michael dengan taraf kesalahan 5% maka diperoleh sampel penelitian 218 peserta didik. Hasil penelitian penelitian menunjukkan: 1) Tingkat pengetahuan perubahan lingkungan pada kategori sangat rendah, tingkat penerimaan informasi pada kategori sedang, tingkat kecerdasan naturalistik pada kategori tinggi, dan tingkat kepedulian lingkungan peserta didik berada pada kategori sangat rendah. 2)Terdapat pengaruh pengetahuan perubahan lingkungan dan penerimaan informasi secara simultan terhadap kecerdasan naturalistik, 3) Terdapat pengaruh pengetahuan perubahan lingkungan, penerimaan informasi, dan kecerdasan naturalistik secara simultan terhadap kepedulian lingkungan 4) Terdapat pengaruh pengetahuan perubahan lingkungan dan penerimaan informasi secara simultan terhadap kepedulian lingkungan 5) Terdapat pengaruh langsung dan signifikan pengetahuan perubahan lingkungan terhadap kecerdasan naturalistik 6) Terdapat pengaruh langsung dan signifikan penerimaan informasi terhadap kecerdasan naturalistik 7) Terdapat pengaruh langsung dan signifikan kecerdasan naturalistik terhadap kepedulian lingkungan 8) Terdapat pengaruh pengetahuan perubahan lingkungan secara tidak langsung (melalui kecerdasan naturalistik) terhadap kepedulian lingkungan 9) Terdapat pengaruh penerimaan informasi secara tidak langsung (melalui kecerdasan naturalistik) terhadap kepedulian lingkungan peserta didik kelas II SMPN di   Kabupaten Maros. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan peneliti yaitu sebagai berikut :1) Diharapkan bagi Pemerintah, khusus pemerintah Kabupaten Maros untuk meningkatkan pengetahuan perubahaan melalui pendidikan dan pelatihan-pelatihan baik pada tingkat kabupaten maupun pada tingkat kecamatan, 2) Diharapkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, tidak hanya berfokus pada pemberian materi namun perlu untuk mengaitkan urgensi merawat lingkungan dengan menyajikan contoh konkret yang ada di lingkungan sekitar, atau menyajikan masalah-masalah yang lebih mendalam seputar lingkungan melalui pembelajaran yang bermakna agar peserta didik benar-benar menyadari pentingnya menjaga lingkungan, 3) Kepada peserta didik, diperlukan juga kesadaran peserta didik agar terus menambah pengatahuan dan meningkatkan kepedulian lingkungan, 4) Peneliti lain yang ingin melakukan peneliti lebih mengembangkan penelitian ini dengan objek penelitian yang luas dan menggunakan jenis penelitian yang berbeda

 

Kata Kunci: Pengetahuan Perubahan Lingkungan, Penerimaan Informasi, Kecerdasan Naturalistik, Kepedulian Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Agustin, Evita Erryc. 2020. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Sikap dan Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa SMPN 5 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 1. No.2.

Ahsan, Moh., Purnomo Budi Santoso, dan Harry Soekotjo Dachlan. 2015. Multiple Intelligence Menentukan Jurusan di SMP Menggunakan Teknik Multi- Attribute Decision Making. Jurnal EECCIS. Vol. 9, No. 1.

Anshori, Moch. dan Djoko Martono. 2009. Biologi Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Apriliana, Nia Sapma., dan Edhar Priyo Utomo. 2019. Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri. Jurnal Komunikasi. Vol. 13, No. 2.

Ati, Sri., Nurdien, Kistanto, dan Amin Taufik. 2014. Dasar-dasar Informasi Pengantar Konsep Informasi, Data, dan Pengetahuan. Universitas Terbuka: Jakarta.

Azhar, Djahir Basyir, dan Alfitri. 2015. Hubungan Pengetahuan dan Etika Lingkungan dengan Sikap dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 13. No.1.

Azis, Mokhamad Abdul. 2017. Media Massa Islam dalam Tatangan Global. Islamic Comunication Journal. Vol. 2. No.2.

Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMP Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi. Vol. 9. No.2.

Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Badan Pusat Statistik Kabupaten Maros. 2020. Dalam Angka. Maros. BPS Kabupaten Maros.

Carina. 2019. Jenis-Jenis Media Massa Beserta Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari. (Online). https://pakarkomunikasi.com/jenis-jenis-media- massa-beserta-contohnya. Diakses tanggal 27 Juli 2020.

Chatib, M. (2012). Sekolah Anak-Anak Juara: Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung:Kaifa, PT. Mizan Pustaka.

Cherry, K. 2012. Gardner’s Theory of Multiple Intelligence. Depok. Intuisi Press.Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Barat. 2016. Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah. Mamuju. Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Barat

Febriyanti, Nia Wulan. 2016. Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Proyek (Penelitian Tindakan di Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh). Jurnal Educhild. Vol. 5. No.2.

Habibie, Dedi Kusuma. 2018. Dwi Fungsi Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 7. No.2.

Hamzah S. 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Herlina, Nina. 2015. Permasalahan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum Lingkungan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi. Vol. 3. No.2.

Hermawan, Rudi., Arief Hidayat., dan Victor Gayuh Utomo. 2016. Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web. Indonesian Journal on Software Engineering. Vol. 2. No.1.

Heryana, Doni., Linda Setiawati., Budi Suhendar. 2019. Sistem Informasi dan Potensi Manfaat Big Data untuk Pendidikan. Jurnal Kehumasan. Vol.2. No.2.

Huda, Khoirul. 2020. Perubahan Lingkungan. Lamongan: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Irfianti, Mustia Dewi., Siti Khanafiyah., dan Budi Astuti. 2016. Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiential Learning. Unnes Physics Education Journal. Vol. 5. No.3.

ISMPil, Afandi. 2018. Pengembangan Instrumen Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Evaluasi Pendidikan. Vol.9. No.1.

Istiningsih dan Ana Fitrotun Nisa. 2015. Implementasi Multiple Intelligences dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol. 7. No.2.

Istiqomah. 2019. Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di MAN-1 Pekanbaru Sebagai Sekolah Adiwiyata. Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia. Vol. 6. No.2.

Kadir, Abdul. 2016. Perbandingan Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peserta Didik Dalam Penerapan Model Pembelajaran SETS dan Konvensional. Jurnal Al-Izzah. Vol. 11. No.2.

Katuwal, dan Bohara. 2011. Knowledge, Attitude, and Behavior towards Environmental Quality. Himalayan Policy Research Conference. 1.

Keraf, Sonny. 2010.Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Grafika Mardi Yuana

Khatimah, Husnul. 2018. Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Masyarakat. Jurnal Tasamuh. Vol. 16. No.1.

Kurnia, Akhmad., Muh. Khalifah Mustami., dan Wiharto. 2018. Hubungan Antara Pengetahuan dan Penerimaan Informasi dengan Sikap dan Perilaku Peserta Didik Terhadap Lingkungan Hidup. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Hal. 177-182.

Kushwaha, Vibha Singh. 2015. Mass Media In Disseminating Enviromental Awareness. International Journal of Research-Granthaalayah. Social Issues and Environmental Problems. Vol. 3

Makhmudah, Siti. 2018. Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam. Jurnal Al-Murabbi. Vol. 4. No.2.

Makhsun, Toha., dan Khalilurrahman. 2018. Pengaruh Media Massa dalam Kebijakan Pendidikan. Jurnal Ta’dibuna Pendidikan Agama Islam. Vol. 1. No.1.

Manik. 2018. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Kencana

Maulana, Muh Abdullah. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas X IPA Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Biodiversitas. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. Vol.1. No.1.

Nabilah, Nina., Arwin Surbakti, dan Tri Jalmo. 2018. Hubungan antara Pengetahuan tentang Ekosistem dan Perubahan lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Bioterdidik. Vol. 6. No.1.

Nastuti, Reni., dan Leflita. 2020. Hubungan Pengetahuan Lingkungan terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa STKIP YDP Lubuk Alung. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah. Vol. 5. No.2.

Ningrum, Zarah Beby., Tri Edhi Budhi Soesilo, dan Herdis Herdiansyah.2018. Naturalistik Intelligence and Environmental Awareness among Graduate Students. SRICOENV. 68.02004

Ningtyas, Lisa Dwi., I Made Putrawan, dan Mieke Miarsyah. 2019. Pengaruh Naturalistik Intelligence dan New Environmental Paradigm terhadap Environmental Sensitivity (Studi Kausal Terhadap Siswa SMP Negeri Di Jakarta). Indonesian Journal of Environmental Education and Management. Vol. 4. No.2

Nurlia, dan Sulasmi Anggo. 2020. Hubungan Kecerdasan Naturalistik dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP di Kota Luwuk. Jurnal Pendidikan Glasser. Vol. 4. No.2.

Pardede, Ratlan., dan Manurung Renhard. 2014. Analisis Jalur. Jakarta:Rineka Cipta

Pokjanis Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) Kabupaten Maros. 2012. Buku Putih Sanitasi Kabupaten Maros. Maros. BPS Maros.

Purwanti, Dwi. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik. Vol.1. No.2.

Puspita, Ila., Linda Ibrahim, dan Djoko Hartono. 2016. Pengaruh Perilaku Masyarakat yang Bermukim Di Kawasan Bantaran Sungai Terhadap Penurunan Kualitas Air Sungai Karang Anyar Kota Tarakan. Jurnal Manusia dan Lingkungan. Vol. 23. No.2.

Rahman, Irwan Faisal., Yusuf Suryana., dan Akhmad Nugraha. 2018. Meningkatkan Kecerdasan Natralis melalui Metode Observation, Investigation dan Experiment dalam Materi Tumbuhan dan Hewan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5. No.3.

Rahmawati, Indah., Fina Fakhriyah., Sekar Dwi Ardianti. 2021. Korelasi Antara Kecerdasan Naturalis Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Sekitar Siswa SD Negeri Pulorejo 01. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 8. No.1.

Rosiana, Elvera Rosa., Eddy Noviana, dan Guslinda. 2019. Hubungan antara Kecerdasan Naturalis dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Harapan Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 3. No.1.

Safitri, Ade., Arwin Surbakti., dan Dewi Lengkana. 2019. Hubungan Antara Penguasaan Pengetahuan Lingkungan Hidup Terhadap Etika Lingkungan Siswa SMP. Jurnal Bioterdidik. Vol. 7. No.5.

Santrock, John. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sappaile, baso Intang. 2010. Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1. No.2.

Sarkawi, Dahlia. 2015. Pengaruh Jenis Kelamin dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Penilaian Budaya Lingkungan. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan. Vol. XVI. No.2.

Sembel, Dantje. 2015. Toksikologi Lingkungan. Yogyakarta: Andi offset.

Soentoro, A. I. 2015. Cara Mudah Belajar Metodologi Penelitian dengan Aplikasi Statistika. Depok: PT. Taramedia Bakti Persada.

Sonatha, Yance., Indri Rahmayuni., Alde Alanda., dan Iswandi Saputra. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Knowledge Management Berbasis Web. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. Vol. 18. No.2.

Subini, N. 2017. The Secreet of Successful Learning. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suhardjo. 2016. Hubungan antara Pengetahuan Pelestarian Lingkungan dan Intensi Siswa Terhadap Output Sekolah dengan Partisipasi Siswa dalam Kebersihan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan. Vol. XVII. No.2.

Sukmarani, Dhuta., dan Ahmad Syarif. 2018. Korelasi Antara Kecerdasan Naturalis dengan Kesadaran Lingkungan Siswa SD IT Muhammadiyah Bandongan Magelang. Urecol. Universitas Muhammadaiyah Magelang.

Sunar, Dwi. 2010.Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, dan SQ, Cetakan Pertama. Jogjakarta: Penerbit Flash Books.

Sya’ban, Fuad. 2014. Kepedulian Lingkungan dengan Pembelajaran IPA Terintegrasi Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Vol. 5. No.2.

Tamara, R. M. 2016. Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMP Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea. Vol 16. No. 1.

Thoifah, Anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang: Anggota IKAPI.

Utari, Enggar., dan Mahrawi. 2019. Interkorelasi Kecerdasan Naturalistik dan The New Environmental Paradigm (NEP) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada Matakuliah Studi Kebantenan Konsep Sumber Daya Alam Provinsi Banten Tahun Akademik 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Vol. 2. No.1.

Wajdi, Muhammad., Andi ASMPwati Azis., dan Rosdiana Ngitung. 2018. Hubungan Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas II IPA SMP Negeri di Kota Makassar. Jurnal of biological education. Vol. 2. No.1.

Wardani, Diyan Nurvika Kusuma. 2019. Analisis Implementasi Program Adiwiyata Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan (Studi Kasus Di Min 1 Ponorogo). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management. Vol.1. No.1.

Widi, Ristya. 2011. Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Jurnal Stomatognatic. Vol. 8. No.1.

Widya, Chryssanti., Riska Andianti, dan Novita Noor Pragesari. 2019. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia.Badan Pusat Statistik/ BPS.

Wirdianti, Nina., Ratna Komala, dan Mieke Miarsyah. 2020. Hubungan antara Kecerdasan Naturalis dengan Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan Siswa. Jurnal Biotek. Vol. 8. No.1.

Yanuari, Dina Aqmarina., dan Gumgum Gumilar. 2018. Konstruksi Realitas Wartawan Pikiran Rakyat Mengenai Pengarusutamaan Isu Lingkungan. Kajian Jurnalisme. Vol. 1. No.2.

Yasminingrum. 2017. Kebijakan Lingkungan Hidup dalam Konteks Good Governance. Jurnal Ilmiah Dunia Hukum. Vol. 13. No.1.

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

Yusup, Febrianawati. 2018. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah. Vol. 7. No.1

Zellawati, Alice. 2017. Mengasah Kecerdasan Naturalistik Melalui Pendidikan Cinta Kelautan pada Anak Usia Dini. Jurnal Saintek Maritim. Vol. XVII. No.1


Article Metrics

Abstract view : 347 times | PDF view : 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.