Implementasi Layanan Program Holistik Integratif pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Muhammad Akil Musi(1*), Syamsuardi Syamsuardi(2), Hajerah Hajerah(3), Muh. Yusri Bachtiar(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program holistik integratif Satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan  teknik  wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan  penelitian terdiri kepala satuan, guru dan orang tua peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, diawali dengan pengelompokan data yang sama, selanjutnya dilakukan interpretasi untuk memberi makna setiap sub aspek dan hubungan antara satu dengan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi layanan program holistik integratif pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Banggae Kabupaten Majene telah terlaksana dengan baik melalui kerja sama dan kemitraan  dengan pihak-pihak yang terkait yang dilaksanakan melalui berbagai program layanan yang terdiri dari layanan pendidikan, layanan kesehatan dan  gizi, pengasuhan anak serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

 

Kata Kunci: Holistik, Integratif, PAUD, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. A. (2018). Evaluasi Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Satuan Paud. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 137-164.

Angkur, M. F. M. (2022). Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4287-4296.

Apriningrum, N., & Rahayu, M. A. (2018). Program Kemitraan Masyarakat: Optimalisasi Paud Holistik di Desa Lemahmulya Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Sebatik, 22(2), 235-239.

Berk, L. E., & Hall, P. (2013). Exploring Lifespan Development: Books a la Carte Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Depdikbud (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Paud Holistik Integratif Di Satuan Paud. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Dini, J. P. A. U. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870-1882.

Farida, E. (2015). Penyelenggaraan Program PAUD Holistik Integratif Melalui Kemitraan Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Jumiatin, D., Windarsih, C. A., & Sumitra, A. (2020). Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Purwakarta. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 1-7.

Laila, L. Z. I. (2013). Penyelenggaraan Program PAUD Holistik Integratif di PAUD Siwi Kencana Kota Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1).

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346.

Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619-2625.

Nopitasari, R., & Imelda, J. D. (2018). Perlindungan Dan Kesejahteraan Anak: Studi Deskriptif Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Laki-Laki Di Lombok Timur. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 18(1), 18-33

Oktaviani, D. A., & Dimyati, D. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870-1882.

Rupnidah, R., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Holistik Integratif Di Tk Al-Huffazh Payakumbuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2373-2380.

Sadiah, G. S., Romadhona, N. F., & Gustiana, A. D. (2020). Penerapan Layanan Kesehatan Dan Gizi Dalam Penyelenggaraan Paud Holistik Integratif Di Tk Alam Pelopor Rancaekek. Edukid, 17(1), 50-64.

Sarinastitin, E. (2019). Pendidikan Holistik Integratif untuk Ppembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 95-102.

Simatupang, N. D. (2022). Penyelenggaraan Program Paud Holistik Integratif Layanan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 Di Tk Insan Cendekia. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 11, 19-26.

Sofiaty, A., Suherman, S., & Asmawati, L. (2020). Penerapan Program Parenting Paud Holistik Integratif (Hi) Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Dan Perlindungan Anak Usia Dini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 7(2).

Sumarsih, S., & Nasoetion, M. H. (2017). Program Holistik Integratif Dengan Pemanfataan Pangan Hasil Ternak Untuk Pos Paud Dan Tpa Di Kelurahan Pleburan Kota Semarang. Jurnal Info, 19(2), 74-84.

Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10-19.

Wahono, W., & Hermoyo, R. P. (2020). The Implementation of Holistic Integrative Program In Early Childhood Education In East Java. PROCEEDING UMSURABAYA.

Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(2), 199-214.

Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.