DESAIN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) DI SMA NEGERI KOTA MAKASSAR

Misnawaty Usman(1*),

(1) Jurusan Pendidikan Bahasa Asing/Prodi Pendidikan Bahasa Jerman
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain perangkat pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) berdasarkan model pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “bagaimana mendesain perangkat pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) yang valid, praktis, dan efektif berdasarkan model pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT)?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk memeroleh informasi dan gambaran tentang: a) deskripsi perangkat pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) yang valid, praktis, dan efektif yang akan diterapkan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman pada siswa SMA Negeri di kota Makassar. b) keefektifan pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) berdasarkan model pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT). Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar keterlaksanaan perangkat, angket dan tes. Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari tiga aspek, yaitu; validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengikuti prosedur modifikasi pengembangan perangkat pembelajaran 4-D Thiagarajan (Semmel dan Semmel (Thiagarajan, 1974) yang meliputi empat tahap, yaitu: (1) tahap pendefinisian (Define), (2) tahap perancangan (Design), (3) tahap pengembangan (Develop) , dan (4) tahap penyebaran (Dessiminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kosakata bahasa Jerman (wortshatz) berdasarkan model pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT) ini telah valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi dan analisis data uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kosakata bahasa Jerman (wortshatz) berdasarkan model pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT) yang terdiri dari : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (3,86), Buku Ajar (3,58), Lembar Kerja Siswa (3,78), dan Buku Pegangan Guru (3,84). Kriteria kepraktisan keterlaksanaan pada setiap perangkat pembelajaran karena secara keseluruhan terlaksana dengan baik. Uji keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan rumus uji-t dan hasil analisis data menunjukkan bahwa th (10,128) > tt (2,002) dengan taraf alpha (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berdasarkan model pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT) efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Kosakata Bahasa Jerman, Model Pembelajaran Teams-Games-Tournaments (TGT).

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 315 times | PDF view : 446 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.