KEMAMPUAN MENULIS PUISI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING

Abdul Haliq(1*), Aswati Asri(2), Sakinah Fitri(3),

(1) Fakultas Bahasa dan Sastra Uiversitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Bahasa dan Sastra Uiversitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Bahasa dan Sastra Uiversitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas menulis puisi mahasiswa dan hasil menulis puisi mahasiswa yang kurang optimal pada pembelajaran Apresiasi Puisi. Model Mind Mappingdapat menjadi salah satu alternatif agar aktivitas dan hasil menulis puisi mahasiswa menjadi optimal. Pembelajaran dengan menerapkan model Mind Mappingdapat memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk mengembangkan ideide kreatifnya dalam bentuk peta pikir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Makassar dalam menulis puisi dengan
menggunakan model Mind Mapping“Peta Pikiran”. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan bentuk deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2015. Sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi mahasiswa dengan menggunakan metode mind mapping pada kelas C Pendidikan Bahasa Indonesia berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini dilihat dari perolehan nilai rata-rata mahasiswa hasil menulis puisi adalah 90.5. Adapun nilai tertinggi yang diperoleh mahasiswa adalah 96 dan nilai terendah adalah 85. Dari hasil ini menunjukkan bahwa metode mind mapping sangat sesuai digunakan dalam menulis puisi oleh mahasiswa.

Kata kunci: menulis, puisi, mind mapping.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 374 times | PDF view : 338 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.