PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 216 TALUNGENG KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

Rosmalah Rosmalah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendelaporankan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penilitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil siklus I dengan kualifikasi cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kualifikasi baik. Hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.

Kata Kunci: IPS, pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 221 times | PDF view : 712 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.