Resource Based Learning Terhadap Hasil Siswa Kelas V UPT SD Negeri 6 Rappang

Muhammad Asrul Sultan(1*), Muslimin Muslimin(2), Fajar Fajar(3), Rezky Ameliah Novianti(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar siswa tentang siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup di kelas V. Rumusan Masalah yang dikaji yaitu                                                                           apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar siswa tentang siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelansungan makhluk hidup kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) dalam meningkatkan hasil  belajar siswa tentang siklus air  dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup kelas V. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk tes dan dokumentasi. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan  menggunakan Model Resource Based Learning (RBL) meningkat atau terdapat pengaruh antara Model Resource Based Learning (RBL) dengan hasil belajar siswa dimana rata-rata nilai Pretest  yaitu 44,97 dan nilai Posttest menjadi 76,24 dengan demikian hasil belajar siswa meningkat sebesar 31,27.

 

 

Kata Kunci : Resource Based Learning (RBL), Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Pajriah, S. (2015). Pemanfaatan Metoderesource Based Learningdalam Pembelajaran Sejarah. Angewandte Chemie International Edition. 3(11) :1–14.

Prijana & Rohman, A. S., Ilmu, S., Fakultas, P., Komunikasi, I., & Padjadjaran, U. (2016). Studi Eksperimen Mengenai Metode Baca Good Reading 1,2). Vol 2(2) : 71–81.

Sultan, M.A. & Nur, N. 2020. Pengaruh Speed Reading terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 55 Parepare..Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4 (2):125.

Sultan, M. A., Muslimin, H. F. & S. F. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional, 1(8): 986.

Supardi. 2017. Statistik Penelitian Pendidikan: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran Dan Penarikan Kesimpulan. PT. Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.