Analisis Kebutuhan Pembelajaran Kelistrikan Otomotif di Era Digital Industri 4.0

Muhammad Yahya(1*), Darmawang Darmawang(2), Wahyudi Wahyudi(3), Zulhaji Zulhaji(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perkembangan teknologi Industri 4.0 saat ini memudahkan manusia dalam penyampaian informasi. Hal ini juga berpengaruh dalam lingkup pendidikan khususnya pembelajaran kelistrikan otomotif di sekolah menengah kejuruan dan pendidikan tinggi. Pembelajaran kelistrikan otomotif harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi pada era digital khususnya pada perkembangan teknologi industri 4.0 saat ini agar tujuan dari proses pembelajaran kelistrikan otomotif dapat tercapai. Pembelajaran kelistrikan otomotif saat ini masih dianggap sebagai mata pelajaran/mata kuliah membosankan yang menyebabkan partisipasi peserta didik juga cenderung pasif. Sehingga hal ini dapat berdampak pada rendahnya kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran kelistrikan otomotif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan media interaktif sebagai kebutuhan pembelajaran kelistrikan otomotif di era digital industri 4.0. Penelitian ini melibatkan 2 dosen mata kuliah kelistrikan otomotif dan 30 mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar mahasiswa terhadap mata kuliah kelistrikan otomotif disebabkan oleh terbatasnya penggunaan media digital maupun media trainer  yang digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif sangat dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran kelistrikan otomotif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di era digital industri 4.0.

 

 

Kata Kunci: Kelistrikan Otomotif, Media Trainer, Era Industri 4.0, Analisis Kebutuhan


Full Text:

PDF

References


Budiarta I.W, Margi I.K. & Sudarma, I.K. 2014. pengembangan multimedia interaktif model ADDIE untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X-1 semester genap di SMAN 1 sukasada, buleleng, bali. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol 2, No 1.

Karla V. K, Randall B. 2008. Effects of Multimedia Software on Achievement of Middle School Students in an American History Class. Journal of Research on Technology in Education Volume 41, 2008, Issue 2, Pages 203-221. DOI 10.1080/15391523.2008.10782529.

Noor, A. F., & Wangid, M. N. 2019. Interaksi energetik guru dan siswa pada pembelajaran abad 21. Anterior Jurnal, 18(2), 107–112. https://doi.org/10.33084/anterior.v18i2.456.

Nugroho I.A., Surjono H.D. 2019. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol 6, No 1. DOI 10.21831/jitp.v6i1.15911

Priyambodo E, Wiyarsi A, Lis P. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran. Vol 42, No 2. Pp 99-109. DOI 10.21831/Jk.V42i2.2236.

Rachmadtullah, R. 2018. Development of computer - based interactive multimedia : study on learningin elementary education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 2051–2054. DOI 10.14419/ijet.v7i4.16384.

Sanaky, Hujair AH. 2013. Media pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Shidiq, A. S., & Yamtinah, S. 2019. Pre-service chemistry teachers ’ attitudes and attributes toward the twenty-first century skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(042014), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042014.

Silberman, M. L. 2014. Active Learning; 101 cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia

Sulistyo, W. D., Nafiáh, U., & S. 2019. Analisis Kebutuhan Dan Tantangan Paradigma Baru Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0. DOI 10.31227/Osf.Io/Etmz7.

Wang F., Li W., Mayer, R. E., and Liu, H. 2018. Animated pedagogical agents as aids in multimedia learning: Effects on eye-fixations during learning and learning outcomes., J. Educ. Psychol., vol. 110, no. 2, pp. 250–268.

Winkel,W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yilmaz, K. 2007. Historical Empathy and Its Implications for Classroom Practices in Schools. Journal Society for History Education. Vol. 40, No. 3 pp. 331-337


Article Metrics

Abstract view : 142 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.