Kompetensi, Orientasi Wirausaha, Keunggulan Bersaing dan Keberhasilan Usaha Kecil: Suatu Kajian Kuantitatif

Muhammad Rakib(1*), Marhawati Najib(2), Muhammad Taufik(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, orientasi wirausaha, dan keunggulan bersaing terhadap keberhasilan usaha kecil. Jumlah populasi penelitian adalah 1000 pelaku usaha kecil sedangkan sampel sebanyak 286 pelaku usaha yang diambil dengan menggunakan teknik sistematik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang telah dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan aplikasi SEM Amos 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi, orientasi wirausaha, dan keunggulan bersaing memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha kecil. Implikasi hasil penelitian ini adalah memperkaya referensi dalam bidang ilmu kewirausahaan.

 

Kata Kunci: Kompetensi, Orientasi Wirausaha, Keunggulan Bersaing, Keberhasilan Usaha

Full Text:

PDF

References


Absah, Y. (2008). Kompetensi: Sumber Daya Pendorong Keunggulan Bersaing Perusahaan, Jurnal Manajemen Bisnis, 1(3), 109-116.

Arianti, K. P. (2014). Pengaruh Integritas, Obyektivitas, dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit di Pemerintah Daerah (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Buleleng). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 2(1), https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.2410

Barazandeh, M., Parvizian, K, Alizadeh, M., & Khosravi, S., (2015), Investigating the effect of entrepreneurial competencies on business performance among early stage entrepreneurs Global Etrepreneurship Monitor (GEM 2010 survey data). Journalof Global entrepreneurship Research, 5:18. DOI 10.1186/s40497-015-0037-4

Baum, J. R. (2014). The psychologyofentrepreneurship. Oracle Magazine (Vol. XIII.). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Carson. (2014). Spiritual Dimensions of Nursing Practice. Philadhelpia: WB Saunders.

Cateora, R. P. & Graham, I. J., (2007), Pemasaran Internasional, jilid kedua Edisi 13, Salemba Empat.

Eggers, F. K. (2013). Implications of customer and entrepreneurial orientations for SME growth . Management Decision , 3, 524- 546.

Hosseini, A. S., Soltani, S, & Mehdizadeh, M. (2018). Competitive Advantage and Its Impact on New Product Development Strategy (Case Study: Toos Nirro Technical Firm). Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 4(2), 17. https://doi.org/10.3390/joitmc4020017

Leonardus, S. (2015). Kewirausahaan Teori, Praktek dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Li, et. al. (2006). The impact of supplychain management practices on. Industrial Marketing Management, 440-449.

Musthofa, Wahyudi, S., Farida, N., & Ngatno, (2017) Effect of Entrepreneurial Orientation on Business Performance. International Journal of Civil Engineering and Technology, 8(9), 82–90.

Nanda, Q. E. (2015). (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Surabaya. Agora, 3(1). 706-715.

Peter, D. (2015). Ecomuseums: a sense of place. . London: Leicester University Press. .

Porter, M. E. (2002). Strategi Bersaing Teknis Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta: Erlangga.

Reswanda. (2012). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Pembelajaran Organisasi, Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan dan Kinerja Usaha pada UMKM Kerajinan Kulit Berorientasi Ekspor di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 11(2). 65-91.

Sarwoko, E. &. (2013). Entrepreneurial Characteristics and Competency as Determinants of Business Performance in SMEs. Journalof Business , 31–38.

Sugiharto, A. d. (2015). Pembinaan Usaha Menengah Kecil & Mikro (UMKM) Melalui Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) BUMN (PKBL JASA MARGA Persero Cab. Jagorawi 2015). (Vol. 1). Jagorawi: Jurnal Abdimas.

Suryana. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Suyanto. (2010). Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

Tehseen, S. (2015). Entrepreneurial Competencies and SMEs Business Success . The Contingent Role of External Integration , 50–61.

Verhees, F. J. (2004). Market Orientation , Innovativeness , Product Innovation , and Performance in Small Firms . 134–154.

Wiklund, J. (2012). The sustainability of the entrepreneurial orientation—performance relationship. . Entrepreneurship Theory and Practice, 37-48.

Wulaningtyas, A, & Widiartanto, W., (2018), Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Industri Kecil dan Menengah (Studi pada IKM Furniture di Kota Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 158-170. ttps://doi.org/10.14710/jiab.2018.20352


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.