Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan program profil pelajar Pancasila dimensi berlanar kritis di sekolah dasar sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis dan desain penelitian kualitatif desktirtif. Objek penelitian adalah karakter bernalar kritis peserta didik sekolah dasar. Adapun pengumpuulan data dilakukan melalui observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dimensi bernalar kritis profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran ditunjukkan melalui, (1) pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) variasi penggunaan media pembelajaran, (3) penerapan pembelajaran yang berbasis reflektif dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Arum, R., Kasimin, K., & Setiawan, A. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Kemampuan Bernalar Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.61
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181
Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). PERAN GURU DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KEMANDIRNAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719
Mega, K. I. (2022). KONSEP DAN PENGELOLAAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada PAUD Dan Pendidikan Dasar, 1(1), Article 1. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3339
Nur ‘Inayah, N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7
Rahayuningsih, F. (2021). INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6472
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), Article 3. https://doi.org/10.29210/30032075000
Suminar, D. Y. (2022). PENERAPAN VIDEO INTERAKTIF ALUR MERRDEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS DI SMAN 10 PONTIANAK. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.26418/jpp.v7i1.55057
Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29–33. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236
Tustiawati, I. A. M., & Putri, I. G. A. V. W. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 2(1), Article 1.
Article Metrics
Abstract view : 1722 times | PDF view : 4132 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.