Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Fakultas Teknik

Anita Candra Dewi(1*), Muhammad Yahya(2), Darmawang Darmawang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan (R & D) dengan tiga tahapan yang dilakukan dalam proses penelitian untuk menghasilkan prduk dan menguji keefektifan produk tersebut. Tiga tahapan penelitian tersebut adalah 1) tahap studi pendahuluan, berupa penemuan potensi dan masalah serta pengumpulan data awal; 2) tahap studi pengembangan, melakukan pendesainan model pembelajaran proyek, validasi desain, revisi desain, uji coba, revisi, uji coba pemakaian, lalu evaluasi untuk menghasilkan model yang sempurna; dan 3) tahap evaluasi, melakukan penyebaran angket untuk mengetahui kualitas model yang telah diterapkan. Fokus penelitian adalah model pembelajaran berbasis proyek mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Kejuruan dan subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik elektronika berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen nontes dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan yaitu Profil model pembelajaran berbasis proyek yang dihasilkan dalam penelitian ini meliputi: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,  (2) Lembar Kegiatan Mahasiswa, dan (3) Bahan Ajar telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Respon mahasiswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek di berada pada kategori tinggi. Efektifitas  model pembelajaran berbasis proyek berada pada kategori tinggi.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Perencanaan Pembelajaran Kejuruan


Full Text:

PDF

References


Aghayani, Behnam, and Elmira Hajmohammadi. "Project-Based Learning: Promoting Efl Learners Writing Skills." LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching 22.1 (2019): 78-85.

Bakar, Noor Idayu Abu, Nooreen Noordin, and Abu Bakar Razali. "Improving Oral Communicative Competence in English Using Project-Based Learning Activities." English Language Teaching 12.4 (2019): 73-84.

Chen, Shih-Yeh, et al. "Effect of project-based learning on development of students’ creative thinking." The International Journal of Electrical Engineering & Education 59.3 (2022): 232-250.

Kelsen, Brent. "Target language use and performance in project-based language learning (PBLL)." Journal of Asia TEFL 15.1 (2018): 199.

Mahasneh, Ahmad M., and Ahmed F. Alwan. "The Effect of Project-Based Learning on Student Teacher Self-Efficacy and Achievement." International Journal of Instruction 11.3 (2018): 511-524.

Pinter, Robert, and Sanja Maravic Cisar. "Measuring Team Member Performance in Project Based Learning." Journal of Applied Technical and Educational Sciences 8.4 (2018): 22-34.

Praba, Luh Tiwika, Luh Putu Artini, and Dewa Putu Ramendra. "Project-based learning and writing skill in EFL: are they related?." SHS Web of Conferences. Vol. 42. EDP Sciences, 2018.

Syakur, Abdul, et al. "The effect of project-based learning (PjBL) continuing learning innovation on learning outcomes of english in higher education." Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal 3.1 (2020): 625-630.

Rozal, Edi, et al. "The Effect of Project-Based Learning through YouTube Presentations on English Learning Outcomes in Physics." AL-Ishlah: Jurnal Pendidikan 13.3 (2021): 1924-1933.

Sirisrimangkorn, Lawarn. "The use of project-based learning focusing on drama to promote speaking skills of EFL learners." Advances in Language and Literary Studies 9.6 (2018): 14-20.

Sukiawati, Sukiawati, and Sitti Nurfaidah. "Students’ attitude on the Benefits of Project-based Learning in the Multimodal Platform." AL LUGHAWIYAAT 1.2 (2021).

Stoller, Fredricka L., and CeAnn Chandel Myers. "Project-based learning: A five-stage framework to guide language teachers." Project-Based Learning in Second Language Acquisition. Routledge, 2019. 25-47.

Wuryantari Winasih, Wulan, Bambang Cahyono, and Johannes Ananto Prayogo. "Effect of project-based learning using E-poster on Indonesian EFL students’ speaking ability across personality types." Arab World English Journal (AWEJ) Volume 10 (2019).

Yuliansyah, Aldi, and Mutiara Ayu. "The implementation of project-based assignment in online learning during covid-19." Journal of English Language Teaching and Learning 2.1 (2021): 32-38.

Zare-Behtash, Esmail, and Tayebe Sarlak. "The effect of project based learning (PBL) on the components of speaking ability of Iranian EFL beginner learners." Journal of Applied Linguistics and Language Research 4.3 (2017): 119-130.


Article Metrics

Abstract view : 182 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.