Penerapan Model Permainan untuk Meningkatkan Koordinasi Gerak Anak Usia Sekolah Dasar

Benny Badaru(1*), Sufitriyono Sufitriyono(2), Ilham Azis(3), M. Imran Hasanuddin(4), Retno Farhana Nurulita(5), Nur Indah Atifah Anwar(6), Muhammad Qasash Hasyim(7), Ikadarny Ikadarny(8),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(8) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and development). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis model permainan yang dapat meningkatkan koordinasi gerak anak usia dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah murid sekolah dasar SD Rappocini Kelas V dengan jumlah murid sebanyak 41 siswa yang akan diberikan model-model permainan untuk meningkatkan koordinasi gerak usia sekolah dasar. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yakni: tes shuttle run, tes lempar tangkap bola dan tes stork stand positional balance atau tes keseimbangan. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kuantitatif yaitu analisis data persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai T hitung sebesar 5,55. Selanjutnya, t-hitung dikonsultasikan dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5%, diperoleh harga t-tabel sebesar 1,6839 pada taraf kepercayaan α=0,05 sehingga disimpulkan dapat disimpulkan bahwa koordinasi gerak anak usia sekolah dasar yang diajar menggunakan pengembangan model permainan mengalami peningkatan. Dengan demikian jika anak dibiasakan untuk latihan model Gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif gerak maka akan mengembangkan kemampuan gerak dasar anak meningkat. Secara keseluruhan pengembangan model permainan untuk meningkatkan koordinasi gerak anak sekolah dasar dapat diterapkan atau diimplementasikan kepada anak usia sekolah dasar, dilihat dari hadil penelitian dimana terdapat perubahan yang signifikan dari data tes awal atau pretest yang mengalami peningkatan pada data tes akhir atau postest. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengembangan model permainan terhadap peningkatan koordinasi gerak anak usia sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Model Permainaan, gerak dasar dan Usia Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Badaru, B., Hasmyati, H., Juhanis, J., & Anwar, N. I. A. (2021). Shooting Training Model Development Of Petanque For Beginners. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 167. https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5304

Badaru, B., Juhanis, & Hasmyati. (2021). Physical education in the pandemic: The effectiveness of linear learning, physical education, sports and health. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 25(4), 13180–13188.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, IV(2), 2338–2163.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Hanafi, H., ISLAMICA, S., & Keislaman, J. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hassanuddin Banten.

Hasanuddin, M. I. (2019). Kontribusi Panjang Lengan, Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan terhadap Kemampuan Servis Bawah Bola Voli pada Siswa SMA Garuda Kotabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 208–217. https://doi.org/10.33659/cip.v7i2.136

Hasanuddin, M. I., & Hasanuddin, M. I. (2020). Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar. Deepublish.

Ilmiah, J., & Jasmani, P. (2019). KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3 (1) 2019 ISSN:2477-331X. 3(1).

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Sumantri, H. (2015). Metodologi penelitian kesehatan. Prenada Media.

Walton-Fisette, J. L., & Wuest, D. A. (2015). Foundations of physical education, exercise science, and sport. McGraw-Hill Education.

Yunus, N. M. (2020). Perbandingan Respon Akut Olahraga Futsal Pagi Dan Futsal Malam Terhadap Tekanan Parsial O2 Dan Co2 Pada Individu Dewasa Muda. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 3(2), 89. https://doi.org/10.26858/sportive.v3i2.16997


Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.