Pengembangan Modul Praktek Elektronika Daya Berbasis Android di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universistas Negeri Makassar

Supriadi Supriadi(1*), Mahmud Mustafa(2), Mustamin Mustamin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui tahapan pengembangan modul praktikum mata kuliah  elektronika daya berbasis android di jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM saat ini? (2) Mengetahui kelayakan modul praktikum mata kuliah  elektronika daya berbasis android di jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM? Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau metode penelitian Research and Development (R&D). Kegiatan research dilakukan untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna (needs assessment) melalui pengumpulan data dan analisis data pada tahap proses validasi ahli dan pada tahap validasi empiris atau uji-coba. Sedangkan development mengacu pada produk yang dihasilkan dalam penelitian. Dimana model pengembangan yang digunakan merupakan hasil kombinasi antara model pengembangan 4D dan model pengembangan ADDIE. Terdapat 4 tahapan yang dilaksanakan yaitu; Analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan dan penyebaran.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, serta melihat permasalahan dari rumusan masalah, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Pengembangan modul pada mata kuliah Elektronika Daya memberikan output berupa modul elektronika daya berbasis android yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D dan yang diaplikasikan peneliti pada penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu pendefinisian  kebutuhan modul pembelajaran (Define), perancangan modul pembelajaran (Design), pengembangan modul pembelajaran (Development), dan evaluasi produk akhir modul pembelajaran berbasis android yang telah di validasi. (2) Kelayakan modul pembelajaran pada mata kuliah Elektronika Daya yang telah dikembangkan dinyatakan “Sangat layak” digunakan dalam pembelajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

 

 

Kata Kunci: Modul, Android, Elektronika Daya

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2013. From Ze ro to A Pro Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta, Andi offset.

Aditya, Alanur. 2011. Mahir Membuat Jaringan Komputer. Jakarta: Dunia Komputer Elcom 2012. Computer Networking. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Andry. (2011). Android A sampai Z. Jakarta: Rineka Cipta.

Calimag, J. a N. N. V, Miguel, P. A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering and Technology, 2(2), pp 119–128.

Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yarma Widya.

Deny., dkk.(2015). Pengembangan Modul Interaktif dengan Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. JurnalPembelajaran Fisika. 3 (6): 1-10.

Herawati, Nita Sunarya., Muhtadi, Ali. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interakif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA.Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2) : 180 –191.

Imansari, N.,Suryanintinningsih, Ina. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2 (1): 11-16.

Istiyanto, Eko Jazi. (2013). Pemograman Smartphone menggunakan SDK Android and Haking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu[5]Kurniawan,

Kanematsu, H., & Barry, D. M. (2016). STEM and ICT education in intelligent environments. Springer.

Laili, Ismail., Ganefri., Umeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3): 306-315.

Matsun, Dochi Ramadhani dan Isnania Lestari.(2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 9 No. 1 Januari 2018: 99-107.

Rusman, (2011), Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Safaat, Nazrudin. (2012). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung:Informatika.

Samiasih, Reni., dkk. (2017). Pengembangan E-module mata pelajaran ilmu Pengetahuan alam pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Jurnal Edcomtech, 2(2): 119-124.

Satyaputra dan Aritonang. (2014). Beginning Android Programiming with ADT Budle. Jakarta: Elex Media Komputindo.[10]Simarmata, A.A., dkk. (2017). Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Tabanan.Jurnal KARMAPATI, 6(1): 93-102.

Stepanus (2013), Mudah Membuat Aplikasi Android, Yogyakarta, Andi offset.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.