Implementasi Aplikasi DW Learn German dalam Pembelajaran Menyimak dan Berbicara Bahasa Jerman SMA di Kota Makassar

Misnah Mannahali(1*), Wahyu Kurniati Asri(2), Syamsurijal Syamsurijal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi aplikasi DW Learn German dalam kemampuan menyimak dan keterampilan berbicara bahasa Jerman Siswa SMA di Kota Makassar. DW Learn German merupakan salah satu aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman. DW Learn German dapat  diunduh secara gratis melalui playstore atau appstore. Aplikasi DW Learn German ini menjadi aplikasi pembelajaran yang interaktif bagi siswa, terasa menyenangkan dan dapat memudahkan siswa dalam mempelajari bahasa Jerman. Selain itu, aplikasi ini memiliki banyak fitur-fitur yang inovatif dan sangat cocok digunakan khususnya dalam pembelajaran kemampuan menyimak dan berbicara bahasa Jerman. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan hasil bahwa aplikasi pembelajaran DW Learn German efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran kemampuan mendengarkan dan keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XI IPA di SMA 14 Makassar. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji-t dan N-Gain yang menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran DW Learn German dinyatakan efektif dalam pembelajaran kemampuan mendengarkan dan keterampilan berbicara bahasa Jerman. Dan juga didukung berdasarkan hasil uji N-Gain yang menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi DW Learn German dalam kemampuan mendengarkan dan keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 14 Makassar mengalami peningkatan walaupun tidak secara tinggi dan berada pada kategori sedang.

 

 

Kata Kunci: Aplikasi Pembelajaran, DW Learn German, Menyimak, Berbicara, Bahasa Jerman


Full Text:

PDF

References


Angreany, F., Saleh, N., & Mannahali, M. (2021). YouTube-Based Audio Visual Media in German Listening Learning. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).

Dosi, F., & Budiningsih, C. A. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Jerman. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 1-13.

Goethe-Zertifikat A1 Fit in Deutsch 1

Goethe-Zertifikat A1: Star Deutsch 1. Durchführungsbestimmungen

Hariadi, B., & Ulfa, D. D. M. (2010). Aplikasi pembelajaran bahasa Perancis berbantuan komputer dengan metode accelerated learning.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Mannahali, M., Azizah, L., & Hasmawati, H. (2021) Penerapan Media Pembelajaran Quizlet dalam Keterampilan Menulis Cerita Bergambar (Bild Schreiben) Bahasa Jerman pada Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Pabumbun, A. R., & Dalle, A. (2017). Problematika Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 88-94.

Qudus, M., & Yusri, Y. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(2).

Rezkyansyah, M. (2020). Penggunaan Aplikasi DW Learn German sebagai Penunjang Matakuliah B1-Prüfungsvorbereitung. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 4(1), 72-80.

Rezkyansyah, M. (2020). Penggunaan Aplikasi DW Learn German sebagai Penunjang Matakuliah B1-Prüfungsvorbereitung. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 4(1), 72-80.

Sintaro, S., Surahman, A., & Khairandi, N. (2020). Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Futsal Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(1), 22-31.

Sulistyorini, E., & Widodo, P. (2022). The Utilization of the Deutsche Welle Learning Application in Teaching German Vocabulary. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 5(1), 110-116.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

Usman, M., Dalle, A., Azizah, L., & Ernawati, E. (2020). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Bahasa Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Fbs-Unm. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1).


Article Metrics

Abstract view : 205 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.