Akarakter Keberagamaan Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar Pascapembelajaran Daring

Amri Rahman(1*), Andi Akbar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui karakter keberagamaan  mahasiswa FIK UNM pasca pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNM dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan mengggunakan angket tertutup kepada seluruh responden.  Angket yang dibuat peneliti dalam bentuk google form karena penelitian dilakukan pada saat pandemi yang tidak memungkinkan peneliti menghadirkan para sampel yang hampir semua sedang berada di luar kota Makassar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan persentase. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan excel  dapat dijelaskan bahwa secara keseluruhan tingkat keberagamaan mahasiswa FIK UNM selama pembelajaran daring, yaitu; terdapat 3 mahasiswa (20,0%) dalam kategori baik sekali, 10 mahasiswa (66,67%) dalam kategori baik, 2 mahasiswa atau (13,33%) dalam kategori sedang,  0  mahasiswa (0,00%) dalam kategori kurang, sedangkan 0  mahasiswa (0,00%) dalam kategori kurang sekali. Frekuensi terbanyak terdapat pada kategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat keberagamaan mahasiswa FIK UNM selama pembelajaran daring dalam kategori baik.

 

Kata Kunci: Karakter, Keberagamaan, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Alauddin, S. B. (2021). Dampak covid-19 terhadap aktivitas ibadah di Mesjid Jamek Al-Lutfi Kampung Batu Hampar Kedah Malaysia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Aceh.

Darmawan, D., Miharja, D., Waluyojati, R. S., & Isnaeniah, E. (2020). Sikap Keberagaman Masyarakat Muslim Menghadapi Covid-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Marzuki. (2013). Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 64–76.

Ngamanken, S. (2014). Pentingnya Pendidikan Karakter. Humaniora, 5(1), 82–87.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3), 464–468.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.