Penerapan Kombinasi Metode Computational Thinking dan Model Emergent Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa SMK

Muhammad Yahya(1*), Dyah Vitalocca(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perkembangan era socety 5.0 mendorong akselerasi implementasi pembelajaran abad 21 di satuan pendidikan dengan meningkatkan 4C yaitu Collaboration, Communication, Critical Thinking dan problem solving, serta Creative dan Innovative untuk bisa bertahan hidup sesuai dengan jamannya. Idealnya pembelajaran didesain supaya menghadirkan suasana yang nyata dan berulang sehingga hasil dari pembelajaran orang akan mampu menganalisis, mendefinisikan, membuat, dan mengevaluasi. Kenyataannya berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Penerapan metode computational thinking dikombinasikan dengan model emergent learning menjadi solusi yang menarik untuk dilaksanakan penelitian terhadap peserta didik dalam meningkatkan aspek problem solving. Objek penelitian sebanyak 73 Siswa SMK di Sulawesi Selatan yang melaksanakan magang industri. Metode penelitian adalah eksperimen dengan treatmet desain pembelajaran berbasis project selama 1 bulan dengan menerapkan metode computational thinking dikombinasikan dengan model emergent learning. Pengumpulan data melalui observasi langsung dan penilaian berbasis projek/produk terkait indokator Problem Solving. Pengolahan dan analisis data melalui uji normalitas data, uji korelasinal, dan uji-t serta koefisien determinasi. Hasil pengolahan data dan analisis data menunjukan bahwa data berdistribusi normal sehingga bisa dilanjutkan dengan melaksanakan uji korelasi dimana semua variabel berkorelasi secara signifikan. Hasil uji-t menunjukan bahwa variabel computional thinking (X1) dan emergent learning (X2) berpengaruh postif terhadap problem solving (Y), Pengaruh sebesar 97,5%.

 

 

Kata Kunci: Computional Thinking, Emergent Learning, dan Problem Solving

Full Text:

PDF

References


Giannakos, M. (2020). Computational thinking education : Issues and challenges. Computers in Human Behavior, (November 2019). https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106185

Nouri, J., Zhang, L., Mannila, L., & Norén, E. (2020). Development of computational thinking , digital competence and 21 century skills when learning programming in K-9. Education Inquiry, 11(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/20004508.2019.1627844

Ramadhani, N. R. (2020). Designing Interaction and User Interface of Computational Thinking Digital Game using User- Centered Design Approach, (September).

Reigeluth, C. M. (2014). In search of a better way to organize instruction : The elabortion theory ( 05 ), (May). https://doi.org/10.1007/BF02984374

Reigeluth, C. M. (2016). Classes of instructional variables ( 7 ), (March 1980).

Reigeluth, C. M., Empowerment, T., & Choice, S. (2014). What is Instructional Design Theory and How Is it Changing? (93), (March).

Wagner, T. (2008). Educational Leadership, 66(2).

Yasin, M. (2020). Computational Thinking Untuk Pembelajaran Dasar-Dasar Computational Thinking Untuk Pembelajaran Dasar - Dasar Pemrograman Komputer akan membantu mereka menghadapi tuntutan kehidupan abad ke - 21 dengan lebih baik ., (April), 0–11.

Zahratul Fitri, E. U. (2021). Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kuriikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif Penerapan Metode Computational Thinking Pada Penerapan Metode Computational Thinking Pada Kurikulum Aceh Untuk Mencapai Kognitif kulum Aceh Untuk Me capai Kogniti "Mencip, 4(1), 60–73.

Aho, A. 2011. Computation and computational thinking. Ubiquity Symposium. DOI: 10.1145/1895419.1922682

Aren. http://aren.cs.ui.ac.id/kikd/index.php

Bebras Indonesia. http://bebras.or.id/v3/pembahasan-soa32l/h

Bar, Valarie., Stephenson, Chris. Bringing Computational to K-12. ACM in roads. 2011

Curriculum https://code.org/curriculum/science/files/CS_in_Science_Module_1

Computer science. https://www.csteachers.org/page/standards

Denning, Peter J., Computational Thinking in Science. American Science. 2017

Education http://www.bbc.co.uk/education/topics/z7tp34j

Iste. http://www.iste.org

K12. https://k12cs.org/


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.