Penerapan Teknik Learning Community (LC) dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot

Abdul Azis(1*), Abd. Rahim(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian bertujuan menggambarkan: 1) peningkatan perencanaan pembelajaran menulis teks anekdot dengan memakai Teknik Learning Community (Teknik LC); dua) peningkatan aplikasi pembelajaran menulis teks anekdot dengan memakai Teknik LC; serta tiga) peningkatan hasil pembelajaran menulis teks anekdot menggunakan menggunakan Teknik LC. Penelitian ini ialah penelitian tindakan. Adapun asal data penelitian merupakan pengajar bahasa Indonesia kelas X-1 serta siswa kelas X-1. Teknik pengumpulan data yang dilakukan merupakan observasi aktivitas guru serta siswa, serta tugas menulis teks anekdot. Analisis data perencanaan dan  pelaksanaan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil menulis teks anekdot dianalisis secara naratif kuantitatif. yang akan terjadi penelitian menunjukkan terjadi peningkatan terhadap perencanaan aktivitas pembelajaran. Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru serta peneliti berkolaborasi menyusun RPP lalu siklus II mengalami peningkatan menggunakan kategori sangat baik, sedangkan kegiatan siswa semakin meningkat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perolehan nilai homogeny rata peserta didik di siklus II sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yg ditentukan, yaitu dua,66.

 

Kata Kunci: Teknik Leraning Community, Menuis, Teks Anekdot

Full Text:

PDF

References


Azis, Abdul. (2020). “Pemanfaatan Teknik Learning Community dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X-1 SMA DDI Alliritengae Kabupaten Maros ”. Laporan Hasil Penelitian. Makassar: LPM UNM.

Azis, Abdul. (2022). Optimalisasi Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia: Suatu Monograf. Garut Jawa Barat: Yayasan Al Fatah.

Azis, Abdul and Sumarni. (2022). “Utilization of Photo Story Media in Learning To Write Narrative Arrangements Genre-Based Approach”. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 15, No 1, February 2022

Dalman. (2017). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fatimah, Nuraini. (2016). Teks Anekdot sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswa (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra). Hal 215-238.

Haling, Abdul dkk. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kasmad, M. & Pratomo, S. (2017). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pustaka

Mandiri.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kusumaningsih, Dewi, dkk . (2016). Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Maryanto dkk. (2016). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmanadji, Didiek. (2015). Sejarah, Teori, Jenis, dan Fungsi Humor dalam Jurnal Tahun 35, Nomor 2, Hlm. 213-221. Malang: Seni dan Desain FS Universitas Negeri Malang.

Rostiyak MK, (2016). Metodik Didaktik . Jakarta Bina Aksara.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setyawati. (2015). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar: Bandung: Angkasa.

Wijana, I Dewa Putu. (2014). “Pemanfaatan Homonimi di dalam Humor”. Jurnal Humaniora. No. 1, Tahun 2014, Hlm. 21-28. Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.

Zainurrahman. (2016). Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 95 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.