Strategi Pembelajaran Melukis Non Realis Secara Daring Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Jalil Jalil(1*), Syakhruni Syakhruni(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) merupakan merupakan salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan pembelajaran daring tersebut, Program Studi Pendidikan Seni Rupa FSD UNM menerapkan program belajar daring, tidak terkecuali pada mata kuliah melukis non realis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran melukis non realis secara daring pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa FSD UNM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, kegiatan pembelajaran pendahuluan; pada kegiatan awal pembelajaran Lukis Non Realis pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa FSD UNM adalah mengkondisikan agar mahasiswa termotivasi dalam pembelajaran untuk mewujudkanketercapaian tujuan pembelajaran. Kedua, menyampaikan informasi teknik penyampaian informasi (materi) kepada mahasiswa menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga waktu proses pembelaran daring berjalan efektif.  Ketiga, partisipasi mahasiswa. Keempat, tes atau evaluasi untuk mengetahui materi yang disampaikan atau diinformasikan kepada mahasiswa berhasil atau tidak. Kelima, kegiatan remidi dalam kegiatan lanjutan ini setelah tes, hal yang dilakukan adalah setelah memeriksa hasil tes mahasiswa.

 

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Daring, Non Realis

Full Text:

PDF

References


Affandi, M. (1994). Ekspresi Simbolik, Religius dan Estetika dalam Karya Lukis Kaligrafi. Yogyakarta: FPBS-IKIP.

Arifin, D. (1986). Sejarah Seni Rupa. Bandung: Rosda Offset

Arifin, Z. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. Jurnal Theorems. 2 (2): 42-49

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Dick, W. and Carey, L. (1990). The Systematic Design of Instruction. (Third ed.). United States of America : Harper Collins Publishers.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Echols, J. M dan Shadly, H. (2007) An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: Gramedia, 2007.

Gagne, R. M. dan Briggs, L. (1978). Principle of Instructional Design. New York: Holt, Rinchart and Winston.

Imania, K. A., dan Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47.

Jihad, A dan Haris, A (2013). Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multipresindo.

Kurniati, D. (2019). Analisis Hasil Karya Seni Rupa Anak di SDN Margadana 7 Kota Tegal. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Masitoh dan Dewi, L. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: DEPAG RI.

Mulyasa, A. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moawad, R. A. (2020). Online Learning during the COVID- 19 Pandemic and Academic Stress in University Students. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12 (1Sup.2), 100–107.

Novita, D. A. R. H. 2020. Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19. Unimed Medan. (Juni): 1–11.

Pohan, A. F. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Sarnu Untung.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Beroreantasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sobron A. N, Bayu, Rani & Meidawati S. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, Semalam 1-5.

Soedarso, SP. (1990). Tinjauan Seni. Yoyakarta: Saku Dayar Sarana.

Walter, D dan Lou, C. (1994) The Systematic Desgn of Instruction. New York: Harper Collins Publishers.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.