Perancangan Buku Ajar Koreologi Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik Jurusan Seni Pertunjukan FSD UNM
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian dengan judul Perancangan Buku Ajar Koreologi bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik ini dilakukan di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM. Dari observasi awal didapat fenomena akan kebutuhan akan perangkat pembelajaran yang berjenis buku ajar pada pelaksanaan mata kuliah Koreologi di lingkungan Jurusan Seni Pertunjukan. Maka dari itu masalah penelitian difokuskan pada bagaimana rancangan buku ajar yang dibutuhkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik dalam mata kuliah Koreologi di Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain UNM . Metode penelitian yang sesuai dengan masalah penelitian adalah R&D, menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), yang pada penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap design. Hasil rancangan buku ajar Koreologi ini sesuai dengan prinsip-prinsip pada bidang pendidikan, terindikasi dengan adanya kesesuaian antara isi buku dengan tujuan pembelajaran, adanya kesesuaian antara metode dengan susunan materi yang disajikan yang sasarannya ke ranah kognisi, adanya kesesuaian antara susunan isi dengan silabus mata kuliah Koreologi, dan tercermin kemudahan dari uraian penjelasan yang to the point disertai rangkuman serta soal-soal latihan. Pada bidang tari khususnya teori tari terindikasi dengan adanya kesesuaian antara isi buku dengan ruang lingkup koreologi dan empat pendekatan studi tari yaitu: pendekatan sejarah, pendekatan tekstual, pendekatan kontekstual, dan pendekatan komparasi.
Kata Kunci: Perancangan, Buku Ajar, Koreologi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, dan Abdul Jabar, 2010. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasisiwa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta
Bandem, I Made. 1999. Etnologi Tari Bali. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Borg, R dan Meredith, D. 1983. Educatioan Research: An Introduction, New York dan London: Logman .www.ugr.uaeu.ac.ae/
Degeng, INS. 2000. Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran UM
Depdiknas. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Seni Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas, 2001.
Depdiknas. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Seni Sekolah Dasar.Jakarta : Depdiknas, 2001.
Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Gibbons, 2011. Contexs of Intructional Design. The Journal for Applied Intructional Design Volume 1 Issue 1 April 2011. Http:www.jaid.org. Diaksses 22 Desember 2021
Kusumaningrum, Sih. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X”. Tesis. Pascasarja UNY
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murgiyanto,Sal. 1984. Koreografi untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Depdikbud
Suharto, Ben. 1985. Koreologi suatu Pengantar. Yogyakarta: ISI Yogyakarta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 60 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.