Peranan Probiotik Pada Media Budidaya Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromus Niloticus)

Patang Patang(1*), Lahming Lahming(2), Subariyanto Subariyanto(3), Amirah Mustarin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik pada media budidaya dengan dosis berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus). Desain rancangan percobaan dalam penelitian ini dilakukan 4 perlakuan dimana 3 menggunakan probiotik dengan dosis berbeda dan 1 kontrol setiap perlakuan diulang sebanyak 3  kali sehingga sampel yang diamati 12 unit percobaan. Perlakuan K : Tanpa Probiotik; Perlakuan A : Pemberian probiotik dengan dosis 1 ml/L air; Perlakuan B : Pemberian probiotik dengan dosis 1,5 ml/L air dan Perlakuan C : Pemberian probiotik dengan dosis 2 ml/L air. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai November 2022, bertempat di UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Air Tawar Parangtambung Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan Kota Makassar. Pengujian ini menggunakan beberapa pengujian untuk memperoleh data. Pengambilan dan pengujian sampel dilakukan dengan secara In situ dan Ex situ di lapangan. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pertumbuhan mutlak ikan nila maupun rata-rata SGR yang diberikan perlakuan probotik pada media budidaya selama penelitian tertinggi diperoleh pada perlakuan C. Sedangkan tingkat kelangsungan hidup ikan untuk semua perlakuan menunjukkan nilai yang sama yaitu 100%.

 

Kata Kunci: Probiotik, Pertumbuhan, Kelangsungan Hidup, Nila

Full Text:

PDF

References


Adriyanto, S., Nurbakti, L., dan Riani, R. 2010. Pengaruh Pemberian Probiotik dengan Dosis yang Berbeda terhadap Sintasan dan Pertumbuhan Benih Patin Jambal (Pangasius jambal). Balai Besar Riset Perikanan BudidayaLaut. Gondol. Bali.

Admawati. 2014. Tingkat Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Nila Terhadap Pakan Fermentasi dari Limbah Rumah Tangga. Program Studi Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar Meulaboh.

Beauty, G., Ayi Y dan Roffi G. 2012. Pengaruh Dosis Mikroorganisme Probiotik pada Media Pemeliharaan terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Mas Koki (Carassius auratus) dengan Padat Penebaran Berbeda. Jurnal Perikanan dan Kelautan. Volume 3 Nomor 3. Hal.1-6.

Cholik, F. 2005. Akuakultur. Masyarakat Perikanan Nusantara. Taman Akuarium Air Tawar. Jakarta. Global Aquaculture. Advocade. 5(3): 36-37.

Effendie, M. I. 1997. Biologi Perikanan. Cetakan Pertama. Yogyakarta, Yayasan Pustaka Nusantara.

Effendi H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya Lingkungan Perairan. Kanisius: Yogyakarta.

Fitri, A. E. 2022. Pengaruh Padat Tebar yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila Larasati (Oreochromis Niloticus) dan Tanaman Kangkung (Ipomoea Aquatica) Yang Dibudidayakan Dengan Sistem Akuaponik. Skripsi. Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Fujaya, Y. 2004. Fisiologi Ikan (Dasar Pengembangan Teknik Pertanian). PT. Rineka Cipta. Jakarta

Ghufran. 2013. Budidaya Nila Unggul. AgroMedia Pustaka. Jakarta

Jahangiri, L, M, A, Esteban. 2018. Administration of Probiotics In The Water Finfish Aquaculture Systems : A Review. Fishes.

Khairuman, 2003. Pembenihan Ikan Nila. Penebar Swadaya. Jakarta.

Moriarty, D.J.W. 1998. Control of Luminous Vibrio Species in Penaeid Aquaculture Ponds. Aquaculture. hal 351 – 358

Muchlisin, Z. A., A A Arisa, A.A Muhammadar, N. Fadli, I.I Arisa & M.N. Siti Azizah. 2016. Growt Perfomance and Feed Untilization of Keureling (Tor Tambara) Fingerlings Fed a Formulated Diet with Different Doses of Vitamin E (Alpha- Tocopherol). Archives of p.

Pitrianingsih, C., Suminto., dan Sarjito. 2014. Pengaruh Bakteri Kandidat Probiotik Terhadap Perubahan Kandungan Nutrien C, N, P dan K Media Kultur Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Journal of Aquaculture Management and Technology Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014, Halaman 247-256

Praseno, O., H. Krettiawan., dan A. Sudradjat. 2010. Uji Ketahanan Salinitas Beberapa Strain Ikan Mas Yang Dipelihara Di Akuarium. Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur, hlm. 93-100.

Radhiyufa, M. 2011. Dinamika Fosfat dan Klorofil dengan Penebaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) pada Kolam Budidaya Ikan Lele (Clarias gariepinus) Sistem Heterotrofik. [Skripsi]. Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.70 hal.

Rounsefell, G. A. dan W. H. Everhart. 1962. Fishery Science, Its Methods and Applications. John Wiley & Sons, New York.

Salsabila., M., dan H. Suprapto. 2018. Teknik Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Instalasi Budidaya Air Tawar Pandaan, Jawa Timur. Journal of Aquacukture and Fish Health. Vol. 7, No. 3.

Setijaningsih, L. , R. Samsudin dan C. Umar. 2006. Keragaan Pertumbuhan Ras Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) Hasil Seleksi dan Persilangan. Jakarta; Prosiding Seminar Nasional Ikan II.

Sumule, J. F., D. T. Tobigo., Rusaini. 2017. Aplikasi Probiotik pada Media Pemeliharaan terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Nila Merah (Orechromis sp.). Jurnal Agibisnis.

Verschuere, L., Rombaut, G., Sorgeloos, P. and Verstraete, W. 2000. Probiotic Bacteria As Biological Control Agents in Aquaculture. Microbiology And Molecular Biology Reviews, 64(4): 655-671.


Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.