Pengaruh Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Makassar

Muhammad Nauval Pattiroi(1*), Massikki Massikki(2), Yasdin Yasdin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Massikki dan Yasdin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas X TKJ yang diajar melalui penggunaan metode pembelajaran konvesional dibandingan metode project based learning dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar peserta didik dan mengetahui pengaruh metode project based learning dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X TKJ SMK Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunkan quasi eksperimen dengan jumlah sampel 59 siswa kelas X TKJ SMK 2 Makassar. Teknik pengumpulan data ini menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar melalui pembelajaran konvensional pada kelas kontrol yang dimana pada pretest menunjukkan rata-rata (mean) hasil belajarnya yaitu 63.44, sedangkan pada posttest rata-rata (mean) hasil belajarnya yaitu 72.07, (2) gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar melalui project based learning dalam PTM terbatas menunjukkan pada kelas eksperimen yang dimana pada pretest menunjukkan rata-rata (mean) hasil belajar yaitu 63.66, sedangkan pada posttest rata-rata (mean) hasil belajarnya yaitu 79.83, dan (3) ada pengaruh metode project based learning dalam pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TKJ SMK Negeri 2 Makassar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang dihasilkan adalah 0,001. Nilai ini lebih kecil dari pada taraf α 5% dalam hal ini 0.001 < 0,05.

 

Kata Kunci: Project Based Learning, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Hasil Belajar, Teknik Jaringan Dan Komputer.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1989. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671.

Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494.

JUWANTI, A. E., SALSABILA, U. H., PUTRI, C. J., NURANY, A. L. D., & CHOLIFAH, F. N. (2020). PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) UNTUK PAI SELAMA PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.752.

Lubis, S., Wardhana, R., Sidabutar, A. A., Sari, D. E., & Medan, U. N. (2021). Pembelajaran Dengan Metode Project Based Learning Di Era Pandemi Covid-19. Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Pada Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Sigma : Jurnal Pendidikan Matematika, 13, 160–167. Nurjanah, A., Haerudin, & Dewi Nur, I. R. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Siswa SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 589–598. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1961.

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554.

Ramadhani, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dalam Pembelajaran Daring di Kelas IX SMP. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4), 237–243. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Rena Surya Rohana, D. W. (2020). PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIFSISWA SD PADA MATERI MAKANAN DAN KESEHATAN. 44(Suppl.), 173–176.

Saifuddin, Azwar. 2010. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suryani,

L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Tua, S., & Hanisa, D. (2022). Pengaruh Penerapan Media E-Learning Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Saat Tatap Muka Terbatas. Ulfa, S. & M. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70. http://jurnalhikmah.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/download/10/13.

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257


Article Metrics

Abstract view : 151 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.