Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 120 Barru

St. Maryam M(1*), Hasnah Hasnah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bangun ruang volume kubus dan volume balok di kelas V UPTD SD Negeri 120 Barru dan apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang volume kubus dan volume balok di kelas V UPTD SD Negeri 120 Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)  yang bertujuan untuk mengetahui proses dan peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bangun ruang volume kubus dan volume balok di kelas V. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 21 siswa dan guru. Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bangun ruang volume kubus dan volume balok dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 120 Barru.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Bangun Ruang Volume Kubus Volume Balok


Full Text:

PDF

References


Aryanti. 2020. Inovasi Pembelajaran Matematika di SD.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fauzia,Hadist Awalia.2018.Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.7,40-47.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Asdi Mahasatya.

Maolani, Rukesih A. & Cahyana Ucu. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Nuraini, Fivi., & Kristin Firosalia. 2017. Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol 1 (4).

Parnawi, Afif. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Deepublish

Sani, Ridwan Abdullah, et.al. 2018. Penelitian Pendikan. Tangerang. Tira Smart.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 514 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.