Pengaruh Metode Belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 228 Pinrang

Abd Halik(1*), Nur Ilmi(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Fenomena penelitian terkait metode belajar dalam menunjang proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) telah menjadi kajian pokok beberapa tahun belakangan yang terkait dengan tingkat literasi siswa Indonesia. Olehnya fokus penelitian ini, yakni hasil belajar membaca pemahaman siswa pada Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1. Penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan one-group pretest-posttest design untuk menganalisis fokus penelitian menggunakan metode belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap di siswa kelas V UPT SDN 228 Pinrang pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Alur penelitiannya dimulai dengan pengelolaan dan pemberian pretest, pengenalan dan pemberian perlakuan eksperimental, pengawasan proses eksperimen, pemberian postest dan pengumpulan ukuran, serta diskusi bersama partisipan. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, pre-test dan post-test, studi dokumen dan dokumentasi. Kumpulan data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS. Hasil pemberian eksperimen kemudian membuktikan bahwa terdapat pengaruh atas pemberian prestest dan postest melalui penerapan metode PQ4R terhadap peningkatan hasil belajar membaca pemahaman siswa secara signifikan. Dengan demikian, metode PQ4R memiliki pengaruh sangat efektif terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa Kelas V UPT SDN 228 Pinrang yang dibuktikan melalui hasil uji normalitas dengan teknik one-sample Kolmogorov-Smirnov test yang berdistribusi normal dan hasil uji hipotesis dengan teknik paired sample t-test yang bersignifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung -2.093 > -7.886 < 2.093.

 

Kata Kunci: Metode Belajar, PQ4R, Hasil Belajar, Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Anggraini, U., Luthfi, A., & Rizal, M.S. (2021). Pengaruh strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(2), 18-27. https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1284

Asfuri, N.B., & Sasmito, S.F. (2021). Pengaruh model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite Dan Review) with Pop Up pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Tematik Kelas V SD Kecamatan Banyudono. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 130-141. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14984

Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (5th ed.). Pearson (Karya orisinil dipublikasikan 2008).

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches Research (5th ed.). Sage Publications (Karya orisinil dipublikasikan 1994).

Cox, C. (1999). Teaching Language Arts: a Student-and Response-Centered Classroom. Allyn and Bacon.

Joyce, B., & Weil, M. (1996). Models of teaching (5th ed.). (V. Lanigan, Ed.). Allyn & Bacon.

Khumaira., Ngadiso., & Sujoko. (2018). The effectiveness of using PQ4R method on teaching reading viewed from students’ intelligent quotient (IQ). English Education Journal, 6(2), 129-135. https://doi.org/10.20961/eed.v6i2.35934

Novrizaldi. (2021). Tingkat literasi Indonesia memprihatinkan, Kemenko PMK siapkan peta jalan pembudayaan literasi nasional. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/tingkat-literasi-indonesia-memprihatinkan-kemenko-pmk-siapkan-peta-jalan-pembudayaan-literasi

Robinson, F.P. (1961). Effectice Study (revised edition). Harper & Row (Karya orisinil dipublikasikan 1941).

Silberman, M.L. (2006). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif ( R. Muttaqien, Penerjemah). Penerbit Nusamedia.

Sinta., Khadijah, S., & Kresnadi, H. (2019). Pengaruh strategi belajar PQ4R tehadap keterampilan membaca siswa Kelas V Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(5), 1-8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i5.33113

Slavin, R.E. (2018). Education psychology: Theory and practice (12th ed.). Pearson. ((Karya orisinil dipublikasikan 2012).

Slavin, R.M. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (N. Yusron, Penerjemah). Nusa Media. (Karya orisinil dipublikasikan 1983).


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.