Hubungan Kecerdasan Visual Spasial dengan Kemampuan Menginterpretasi Grafik Kinematika

Usman Usman(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), P Palloan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan hubungan kecerdasan visual spasial dengan kemampuan menginterpretasi grafik kinematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNM angkatan 2021. Sampel penelitian ini berjumlah 110 orang. Pengukuran terhadap kecerdasan visual spasial dan kemampuan menginterpretasi grafik kinematika menggunakan instrumen tes kecerdasan visual spasial dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dan Test of Understanding Graph – Kinematics versi 4.0 sebanyak 26 soal. Data penelitian diolah dengan stastik deskriptif, regresi linier sederhana, dan korelasi product moment. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata kecerdasan visual spasial mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNM Angkatan 2021 berada pada kategori sedang dan rata-rata skor kemampuan menginterpretasi grafik kinematika berada pada kategori rendah. Hasil analisis korelasi product moment pada taraf  nyata α = 0,05  menunjukkan terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kecerdasan visual spasial dengan kemampuan menginterpretasi grafik kinematika. Kecerdasan visual spasial memiliki peranan penting dalam menentukan kemampuan menginterpretasi grafik kinematika.

 

 

Kata Kunci: Kecerdasan  Visual-Spasial, Grafik Kinematika

Full Text:

PDF

References


Achdiyat, M., & Utomo, R. (2017). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245. https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V7I3.2234

Amin, B. D., Sahib, E. P., Harianto, Y. I., Patandean, A. J., Herman, H., & Sujiono, E. H. (2020). The Interpreting Ability on Science Kinematics Graphs of Senior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 179–186. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23349

Anisa, V. N. (2017). Hubungan Kemampuan Siswa Menginterpretasikan Grafik dan Kemampuan Menyelesaikan Soal Gerak Lurus di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6).

Armstrong, T. (2013). Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Beichner, R. J. (1994). Testing student interpretation of kinematics graphs The difficulty of interpreting simple motion graphs. Citation: American Journal of Physics, 62, 386. https://doi.org/10.1119/1.17449

Gardner. (1999). Intellegence Reframed: Multiple Intellegence for the 21st Century. Basic Books.

Gumilar, S. (2015). Analisis Kemampuan Pemahaman Grafik Kinematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 1(1). https://doi.org/10.30870/GRAVITY.V1I1.2485

Mananeke, S. G., Wenas, J. R., & Sambuaga, O. T. (2017). Hubungan kecerdasan visual-spasial dengan hasil belajar matematika siswa pada materi geometri. Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi (JSME) FMIPA Unima, 5(1), 87–91.

McKenzie, W. (2005). Multiple Intelligences and Intructional Technology. International Society for Technology in Education.

Mukhtar, & Firdaus, M. (2017). Kemampuan Interpretasi, Pemodelan, dan Transformasi Grafis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNIMED. Semnastika Unimed, 1–6.

Mustain, I.-S. E. J. P. (2015). Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus pada Siswa Kelas 8 SMPN. Scholar.Archive.Org.

Nugraha, A., Darsikin, & Saehana, S. (2017). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Grafik Kinematika. Ejournal.Unsri.Ac.Id.

Nurdiansyah, A. (2018). Hubungan Kemampuan Spasial dan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Balung Tahun Ajaran 2016/2017.

Parmalo, Y., Djudin, T., & Oktavianty, E. (2016). Deskripsi Kemampuan Menafsirkan Grafik Kinematika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7).

Riastuti, N., Mardiyana, & Pramudya, I. (2017). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dilihat dari Tata Ruang Intelijen. Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Safaria, A. T. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Anak: Meningkatkan Kemampuan IQ Anak agar Tumbuh Cerdas. Pohon Cahaya.

Subali. (2015). Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, M. A., Widiyanti, W., & Nurhadi, D. (2018). Kecerdasan Visual Spasial dan Kemandirian Belajar pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 101–109. https://doi.org/10.17977/UM031V42I22018P101


Article Metrics

Abstract view : 197 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.