Desain Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam Perkuliahan Teori Grup

Suradi Suradi(1*), Nurwati Djam’an(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam perkulihan teori grup. Desain yang dikembangkan mengacu pada tahapan yang digunakan Frank Lyman, yang diadopsi oleh Ibrahim dalam proses belajar dengan berpikir secara berpasangan. Subyek penelitian adalah mahasiswa matematika Universitas Negeri Makassar semester ganjil tahun akademik 2022/2023 yang mengikuti mata kuliah teori grup. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes yang diikuti wawancara terbuka. Hasil penelitian diperoleh desain TPS dengan tahapan: (1) Persiapan: analisis kurikulum, siswa, dan materi; (2) Pendahuluan: apersepsi, menyampaikan tujuan, dan motivasi; (3) Kegiatan Inti: menyampaian materi, bekerja kelompok (Think-Pair-Share); (4) Penutup: penugasan proyek; dan (5) Evaluasi. Desain pembelajaran TPS tersebut, dapat memfasilitasi aktivitas mahasiswa secara aktif berinteraksi dengan mahasiswa lainnya dalam proses pembelajaran teori grup yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.

 

Kata Kunci: Think-Pair-Share, Aktivitas, Teori Grup


Full Text:

PDF

References


Attard, C. (2011). The Influence of Teachers on Student Engagement with Mathematics during the Middle Years. Retrieved from http://www.merga. net.au/documents/RP_ATTARD_MERGA34-AAMT.pdf.

Birkhoff and MacLane. 1941. A Survey of Modern Algebra. The Macmillan Company: New York.

Birkhoff and MacLane. 1979. Algebra. The Macmillan Company: New York.

Chapman. (2003). Alternative approaches to assesing student engagement rates. Practical Assessment, Research & Evaluation, 8(13).

Fraleigh, J.B. 1989. A First Course in Abstract Algebra. Addison-Wesley Publising Company: Philipines.

Herstein. 1975. Topics in Algebra. John Wiley & Son: New York.

Ibrahim, Muslimin., dan Nur, Mohamad. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.

Kromodiharjo, Kusno. 1990. Struktur Aljabar. UT: Jakarta.

Nur, Mohamad. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruk-tivis dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA University Press.

Suradi, Tahmir. 2004. Teori Grup, Andira Publisher, Makassar.

Suradi,. Ilham., 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Peta Konsep dalam Pembelajaran Struktur Aljabar.

Taylor, Lyn. 1993. “Vygotskian Influences in Mathematics Education with Particular Reference to Attitude Development”. Focus on Learning Problem in Mathematics (Spring and Summer Edition). Volume 15, Number 2&3, 1993, pp. 3-17.

Thomson, M, et al. (1995) Physical Science: Teacher Wrapround Edition. New York: Giencoe Mc Graw-Hill.


Article Metrics

Abstract view : 283 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.