Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kesulitan Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Bulukumba

Sitti Hajerah Hasyim(1*), Nuraisyiah Nuraisyiah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 3 Bulukumba. Variabel dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis komputer sebagai variabel bebas (X) dan kesulitan belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IIS di SMA Negeri Bulukumba sebanyak 109 siswa sekaligus sebagai sampel atau sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa media pembelajaran berbasis komputer berpengaruh signifikan terhadap kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 3 Bulukumba.

 

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kesulitan Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnawi & Arifin. (2014). Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Halling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Kustandi, C. & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purwaji, Wibowo, & Murtanto. (2016). Pengantar Akuntansi 1. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Sanjaya. (2020). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siregar, Syofian. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress. Syafril & Zen, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Uno, Hamzah B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis Dibidang Pendidikan. Bandung: BumiAksara.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.