Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan Pendekatan Saintifik Di SMA Negeri 3 Kota Makassar Tahun Ajaran 2022/2023

Wahyudin Wahyudin(1*), Sudirman Burhanuddin(2), Sulaeman Sulaeman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian implementasi pembelajaran  Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga (PJOK) dengan pendekatan saintifik di SMA Negeri 3 Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 3 Kota Makassar yang berjumlah 246 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terdiri dari 104 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket peserta didik, lembar observasi implementasi pembelajaran, lembar analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh Implementasi Pembelajaran PJOK dengan Pendekatan Saintifik di SMA Negeri 3 Kota Makassar dalam angket peserta didik dengan kategori “sangat baik” sebesar 71.15 % (74 peserta didik), kategori “baik” sebesar 28.85 % (30 peserta didik), kategori “kurang baik” 0% (0 peserta didik) dan kategori “tidak baik” 0% (0 peserta didik). Dari hasil analisis RPP dengan kategori “sangat baik” sebesar 0%, kategori “baik” sebesar 100%, kategori “kurang baik” 0% dan kategori “tidak baik” 0%. Dari hasil implementasi pembelajaran kategori “sangat baik” sebesar 100%, kategori “baik” sebesar 0%, kategori “kurang baik” 0% dan kategori “tidak baik” 0%.

 

Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dwiyogo, W.D. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Trisna, Ega. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gerde, H., Schachter, E., & Wasik, B. (2013). Using the Scientific Method to Guide Learning. Early Childhood Education Journal, 41, 315-323.

Hadi, Sutrisno. (1991). Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai dengan BASICA. Yogyakarta: Andi OFFSET.

Kusumawati, Mia. (2015). Penelitian Pendidikan PJOK Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Lutan, Rusli. (2000). Asas-asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas.

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, JPII 3 (1) 28-35.

Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: RosdaKarya.

Mulyanto, Respaty. (2014). Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: UPI.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun. (2009). Menjadi guru inspiratif: Membudayakan dan Mengubah Jalan Hidup Peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nopembri, Soni. & Saryono. (2010). Gagasan dan Konsep Dasar Teaching Games for Understanding(TGFU). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 6.87- 95.

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Oemar, Hamalik. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosdiani, Dini. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rumini, Sri. & Sundari, Siti. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saryono & Rithaudin, Ahmad. (2011). Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik (TGFU) Terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Peserta didik dalam Pendidikan Jasmani. (Volume 8 No 2 Tahun 2011).

Sudjiono, Anas. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryobroto, A.S. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Suryobroto, A.S. (2005). Persiapan Profesi Guru Penjas. Yogyakarta: FIK UNY.

Sugihartono, dkk (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutikno, Sobry. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.

Suyadi & Dahlia. (2015). Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yamin, Moh. (2012). Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan.Yogyakarta: DIVA Press.


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.