Culture Invasion dalam Kearifan Lokal Makassar pada Era Milenial (Studi Kasus Bahasa Makassar)

Hajrah Hajrah(1*), Nurhusna Nurhusna(2), Aswat Asri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan culture invasion dalam kearifan lokal makassar pada era milenial. Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan data penelitian berupa bahasa verbal dan nonverbal yang digunakan oleh anak milenial dalam kehidupan sehari-hari. Data dikumpulkan melalui angket penelitian. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahasa verbal dalam kearifan lokal makassar terdiri dari budaya, a) sipakatau, b) sipakalebbi, dan c) sipakainge; (2) bahasa nonverbal dalam kearifan lokal makassar a) menunduk saat  lewat di depan orang (tabe), b) menatap mata lawan bicara saat berbicara. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk melestarikan dan mempertahankan bahasa Makassar melalui kearifan lokal Makassar.

 

Kata Kunci:  Culture Invasion, Bahasa Makassar, Bahasa Verbal, Bahasa Non-verbal

Full Text:

PDF

References


Balkis Fallhanda. 2021. Pengertian kearifan Lokal, Fungsi, Karakteristik, dan Ciri-Cirinya. https://tirto.id/pengertian-kearifan-lokal-fungsi-karakteristik-dan-ciri-cirinya-f9mi .

UUD 1945 Perubahan IV https://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Dasar_Negara_Republik_Indonesia_Tahun_1945/Perubahan_IV#:~:text=(2)%20Negara%20menghormati%20dan%20memelihara,daerah%20sebagai%20kekayaan%20budaya%20nasional.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.