Pertumbuhan Spot Wisata Jalan Poros Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa

Dinil Qaiyimah(1*), Hasriyanti Hasriyanti(2), Nasrul Nasrul(3), Saiful Saiful(4), Jeddah Yanti(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak.  Penelitian berkonsentrasi pada semua spot wisata yang tumbuh dan berkembang di sepanjang Jalan Poros Malino-Buluballea Kecamatan Tinggimoncong. Beberapa tahun terakhir, di sepanjang Jalan Poros Malino mulai bermunculan tempat-tempat yang melayani kepentingan para pengunjung berupa warung makan, kedai kopi, penginapan, hotel, serta spot-spot wisata baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor apa yang memberikan rangsang sehingga spot-spot wisata di sepanjang Jalan Poros Malino-Buluballea di Kecamatan Tinggimoncong tumbuh dan berkembang dengan cepat, (2) jenis usaha atau pelayanan apakah yang memiliki prospek yang lebih baik dari semua spot yang tumbuh dan berkembang saat ini, dan (3) berapa besar tenaga kerja yang terserap pada semua jenis usaha itu. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan metode pendekatan spasial. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan secara representatif kondisi spot wisata di sepanjang Jalan Poros Malino Kecamatan Tinggimoncong dalam kaitannya dengan jumlah dan perkembangan spot wisata di sepanjang poros jalan tersebut. Hasil penelitian ini bersifat informatif, diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat umumnya dan pada generasi muda khususnya bahwa peluang-peluang untuk memasuki lapangan kerja dengan cara bergabung untuk sama-sama bekerja atau menciptakan sendiri lapangan kerja yaitu dengan membuka spot wisata yang sesuai kondisi yang tersedia

 

Kata Kunci:  Spot Wisata, Poros Malino, Tinggimoncong

Full Text:

PDF

References


Abbas, I., & Hasriyanti. (2012). Tingkat ketertarikan pengunjung pada obyek wisata di toraja utara. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Adisasmita, A. S. (2011). Pembangunan transportasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Booth, A. (1994). Ledakan harga minyak dan dampaknya, kebijakan dan kinerja ekonomi indonesia dalam orde baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Du, D., Lew, A., & T. Ng., P. (2016). Tourism and Economic Growth. Journal of travel research. 55 (4), 454-464.

Elistia. (2020). Perkembangan dan dampak pariwisata di indonesia masa pandemi covid-19. Prosiding konferensi nasional ekonomi manajemen dan akuntansi (KNME). ISSN: 2776 - 1177 Media Online.

Liu, A. (2022). Impact of tourism on regional economic growth: A global value chain perspective. Adb Economics Working Paper Series. 646. DOI: http://dx.doi.org/10.22617/WPS220014-2s

Ocsuanda, V. (2018). Pengaruh perkembangan pariwisata terhadap perkembangan kota. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kesehatan, dan Ilmu Kesehatan. 2 (1), 255-239.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.