Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sumber Energi Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 66 Kota Parepare

Rasmi Djabba(1*), Nurul Mukhlisa(2), Shasliani Shasliani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar siswa kelas IV UPTD SD Negeri 66 Kota Parepare. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sumber energi siswa kelas IV UPTD SD Negeri 66 Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah fokus proses pembelajaran dan fokus hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada materi sumber energi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 siswa. Prosedur pelaksanaan tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian siklus I berada pada kualifikasi cukup, siklus II berada pada kualifikasi cukup dan siklus III dengan kualifikasi baik dan mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada materi sumber energi kelas IV UPTD SD Negeri 66 Kota Parepare.

 

Kata Kunci:  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping, Hasil Belajar, Sumber Energi

Full Text:

PDF

References


Buzan, T. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Djamarah, S. B & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Permenpan Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saifudin, M. F., Susilaningsih., & Agus, W. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi Untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. (Vol. 3, 1: 68-77).

Sani, R. A. 2016. Inovasi pembelajaran. Cetakan 4. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.