Model Permainan Untuk Meningkatkan Koordinasi Gerak Anak Usia Sekolah Dasar

Benny Badaru(1*), Ilham Azis(2), M. Imran Hasanuddin(3), Retno Farhana Nurulita(4), Nur Indah Atifah Anwar(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model permainan dapat meningkatkan koordinasi gerak anak usia dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah murid sekolah dasar SD Rappocini Kelas V dengan jumlah murid sebanyak 41 siswa yang akan diberikan model-model permainan untuk meningkatkan koordinasi gerak usia sekolah dasar. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes shuttle run, tes lempar tangkap bola dan tes stork stand positional balance atau tes keseimbangan. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kuantitatif yaitu analisis data persentase. Berdasarkan hasil validasi permainan yang dikembangkan dinilai valid dan layak sehingga pengembangan model permainan untuk meningkatkan kemampuan koordinasi gerak anak SD dapat diujicobakan untuk pengembangan model permainan. Secara keseluruhan pengembangan model permainan untuk meningkatkan koordinasi gerak anak sekolah dasar dapat diterapkan atau diimplementasikan kepada anak usia sekolah dasar, dilihat dari hadil penelitian dimana terdapat perubahan yang signifikan dari data tes awal atau pretest yang mengalami peningkatan pada data tes akhir atau postest. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh pengembangan model permainan terhadap peningkatan koordinasi gerak anak usia sekolah dasar, artinya koordinasi gerak anak usia dasar sekolah dasar yang diajar menggunakan pengembangan model permainanan mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Model Permainaan, Gerakan Dasar

Full Text:

PDF

References


Badaru, B., Hasmyati, H., Juhanis, J., & Anwar, N. I. A. (2021). Shooting Training Model Development Of Petanque For Beginners. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 167. https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5304

Badaru, B., & Pratama, R. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Melalui Evaluasi Proses Menggunakan Audio Visual Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Makassar. 787–796.

Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Hanafi, H., ISLAMICA, S., & Keislaman, J. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hassanuddin Banten.

Hasanuddin, M. I. (2019). Kontribusi Panjang Lengan, Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan terhadap Kemampuan Servis Bawah Bola Voli pada Siswa SMA Garuda Kotabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 208–217. https://doi.org/10.33659/cip.v7i2.136

Hasanuddin, M. I., & Hasanuddin, M. I. (2020). Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar. Deepublish.

Ilmiah, J., & Jasmani, P. (2019). KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3 (1) 2019 ISSN:2477-331X. 3(1).

Sa’adah, R. N. (2021). METODE PENELITIAN R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Sumantri, H. (2015). Metodologi penelitian kesehatan. Prenada Media.

Yunus, N. M. (2020). Perbandingan Respon Akut Olahraga Futsal Pagi Dan Futsal Malam Terhadap Tekanan Parsial O2 Dan Co2 Pada Individu Dewasa Muda. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 3(2), 89. https://doi.org/10.26858/sportive.v3i2.16997


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.