Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ditinjau dari Kinerja dan Literasi Digital Guru SMA Negeri Kabupaten Gowa

Baso Intang Sappaile(1*), Patahuddin Patahuddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya hubungan kinerja dan literasi digital guru dengan pelaksanaan pembelajaran daring guru SMA Negeri Kabupaten Gowa, baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri. Populasi penelitian adalah semua guru SMA Negeri di Kabupaten Gowa, sedang yang menjadi sampel adalah semua guru SMANegeri10 dan SMA Negeri 14 Kabupaten Gowa. Data diperoleh dengan pemberian skala kinerja guru, literasi digital guru, dan skala pelaksanaan pembelajaran daring. Data dianalisis secara kuantitatif, yaitu dengan analisis regresi linear ganda. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) kinerja guru dan literasi digital guru secara bersama-sama mempunyai hubungan dengan pelaksanaan pembelajaran daring, 2) kinerja guru tidak mempunyai hubungan dengan pelaksanaan pembelajaran daring, dan 3) literasi digital guru mempunyai hubungan dengan pelaksanaan pembelajaran daring guru SMA Negeri Kabupaten Gowa.

 

Kata Kunci: Kinerja Guru, Literasi Digital Guru, Pembelajaran Daring.

Full Text:

PDF

References


Busyra, S., & Sani, L. (2020). Kinerja mengajar dengan system work from home pada guru di SMK Purnawarman Purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam. 3(1), 1-18.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendi-dikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2020). Analisis Survei Cepat Pembelajaran dari Rumah Dalam Masa Pencegahan Covid-19. Jakarta: Pusat Penelitian Dan Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8 (1). 81-91.

Pohan, E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi : CV. Sarnu Untung.

Rahyubi, H. (2014). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sampebua, M., Limbong, M., &Tambunan, W. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru dan Kinerja Guru Terhadap Pembelajran Online di SMK Kristen Tagari. Jurnal pendidikan tabusai. 5(1), 827-840.

Santoso, Adrian, P. Putra, H. (2020). Mengemas Materi Online Learning. Yogyakarta: Gava Media.

Shivangi Dhawan. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology.Vol. 49(1) 5–22. Journal of Educational Technology.Vol. 49(1) 5–22.

Slamet, E., Harapan, E., & Wardiah, D. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Keberhasilan Belajar di Rumah. Jurnal Pendi¬dikan Tambusia. 5(1).774-778.

Suryadi, D. (2016) Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Informatika. Vo. 3. No. 3. Hal : 63-75.


Article Metrics

Abstract view : 76 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.