Perbandingan Antara Economic Value Added (EVA) dengan Return On Assets (ROA) dalam Penilaian Kinerja Keuangan pada PTP Nusantara XIV Gula Takalar

Andi Mustika Amin(1*), Amiruddin Tawe(2), Anwar Ramli(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Masa Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi, menganalisis perbandingan Antara Economic Value Added (EVA) dengan Return On Assets (ROA) dalam Penilaian Kinerja Keuangan pada PTP Nusantara XIV Gula Takalar. Laporan keuangan yang dibandingkan sangat membantu dalam pengambilan keputusan bagi para investor atau calon investor dalam  menanamkan modalnya. Teknik Pengumpulan Data melalui Dokumentasi, yaitu pengumpulan data berupa laporan keuangan untuk lima tahun terakhir yakni tahun 2017-2021 yang bersumber dari PTP Nusantara XIV Gula Takalar. Teknik Analisis Data dengan menggunakan analisis Economic Value Added (EVA) dan Return ON Assets (ROA). Berdasarkan  hasil analisis yang diperoleh Economic Value Added (EVA) yang negatif artinya nilai EVA < 0 artinya tidak terjadi proses nilai tambah pada PT Perkebunan Nusantara XIV (Persero). Pada saat itu perusahaan tidak mampu mencukupi kebutuhan dalam memenuhi kewajibannya, sehingga perusahaan tidak mampu menciptakan nilai (value destruction) atau nilai tambah ekonomis karena laba yang dihasilkan tidak mencukupi untuk penyandang dana terutama pemegang saham. Sedangkan analisis yang diperoleh Return On Assets (ROA) pada tahun 2017 PT Perkebunan Nusantara XIV (Persero) mengalami kondisi tidak baik sedangkan pada tahun 2018 sampai tahun 2021 kondisi PT Perkebunan Nusantara XIV (Persero) mengalami kondisi yang baik. PT Perkebunan Nusantara XIV (Persero) terus meningkatkan pendapatan, memperhatikan pengelolaan aktiva dan menekan biaya-biaya.

 

Kata Kunci: Laporan  keuangan, Economic Value Added (EVA) dan Return On  Assets (ROA), Kinerja Keuangan.

Full Text:

PDF

References


Anonim (IAI), 2012, Standar Akuntansi Keuangan, Jilid I, Jakarta : Salemba Empat.

David, S. Young and Stephen F. O’Byrne. 2001. EVA Dan Manajemen Berdasarkan Nilai. Panduan Praktis Untuk Implementasi (Diterjemahkan oleh Lusy Widjaja, MBA). Penerbit Salemba, Jakarta.

Dewi, Ratna Puspita Eka. 2007. Analisis Kinerja Keuangan dengan Menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Return On Invesment (ROI) pada PT. Sucifindo (Persero) Di Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Fahmi, Irfan. Analisis Laporan Keuangan. 2013. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Munawir, S. 2012. Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta: Liberty

Rochaety, Ety dan Ratih Tresnati. 2007. Kamus Istilah Ekonomi. Bumi Aksara: Jakarta.

Sujarwweni V. Wiratna. 2017. Analisis Laporan Keuangan (Teori, Aplikasi, Hasil Penelitian). Yogyakarta:Pustakaan Nasional RI.

Yadiati Winwin dan Abdullah Mubarok. 2017. Kualitas Pelaporan Keuangan (Kajian Teoretis dan Empiris). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.