Tantangan Belajar Mahasiswa Bahasa Inggris dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Masa New Normal

Sukardi Weda(1*), Geminastiti Sakkir(2), Andi Elsa Fadhilah Sakti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Artikel ini merupakan bagian dari hasil penelitian yang berjudul “Strategi Belajar Mahasiswa Bahasa Inggris dalam Menghadapi Perubahan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Masa New Normal”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris di masa New Normal saat ini. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan angket online melalui Google Form. Angket tersebut berisi pertanyaan tentang tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris saat ini. Jumlah sampling yang digunakan adalah 122 orang mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar. Analisis data kualitatif secara open coding dan axial coding. Hasilnya mengungkapkan bahwa terdapat banyak tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris dalam perubahan kurikulum saat ini (sebelum masa Pandemi, selama dan pasca masa Pandemi Covid-19). Tantangan tersebut berasal dari kondisi mahasiswa, kondisi dosen, kondisi sekolah/ kampus, kondisi lingkungan, kondisi materi, proses pembelajaran, dan penerapan teknologi.

 

Kata Kunci: Strategi, Belajar, Tantangan, Online, Kurikulum, New Normal.

Full Text:

PDF

References


Atmowardoyo, H., & Sakkir, G. (2021). Effects of best-practice based materials in receptive language learning behaviours in improving receptive language skills. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 1313-1334.

Atmowardoyo, H., Weda, S., & Sakkir, G. (2020). Information Technology used by Millennial Good English Language Learners in an Indonesian University to Improve their English Skills. Solid State Technology, 63(5), 9532-9547.

Atmowardoyo, H., Weda, S., & Sakkir, G. (2021). Learning Strategies in English Skills used by Good Language Learners in Millennial Era: A Positive Case Study in Universitas Negeri Makassar. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 8(1), 28-40.

Dollah, S., Sehuddin, M. F., & Sakkir, G. (2021). Motivating EFL Learners to Write Using Padlet Application. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 8(2), 240-254.

Gardner, Robert C. dan Wallace E. Lambert. (1972). Attitudes and Motivation in Second Language Learning, Rowley, Massachussets: Newbury House Publishers.

Handayani, R., Sakkir, G., & Kasman, R. (2021). The Influence of Verbal-Linguistic Intelligence on Students Learning Outcomes in English at SMA Negeri 1 Sidrap. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 1(2), 141-148.

Haryanto. (1999). Motivasi dan Strategi Belajar pada Pembelajar Bahasa Inggris yang Berhasil di SMA, Disertasi S3, Jakarta: IKIP Jakarta.

Hashim, Rosna Awang & Sharifah Azizah Sahil. (1994). “Examining Learners Language Learning Strategies” dalam “RELC Journal Vol.25 No.2.

Huda, Nuril. (1990). A Survey of the Teaching of English in Secondary Schools in Eight Provinces, “TEFLIN Journal: An EFL Journal in Indonesia, III, I.

Lenneberg, Eric H. (1967). Biological Foundations of Language, New York: John Willey & Sons, p. 142.

Naiman, N., Maria Frolich, dan H.H. Stern. (1978). “The Good Language Learner”, Research in Education No. 7, Toronto: Ontario Institute for Education, sebagaimana dikutip O’Malley dan Chamot, 1990, p. 5.

Neil Naiman, Maria Frolich, dan H.H. Stern. (1986). “The Good Language Learner”, dalam Ellis, op. cit. p.122.

O’Malley, J. Michael dan Anna Uhl Chamot. (1990). Learning Strategies in Second Language Acquisition, Cambridge: Cambridge University Press.

Oxford, Rebecca dan David Crookall. (1989). “Research on Language Learning Strategies: Methods, Findings, and Instructional Issues”, The Modern Language Journal Vol. 73 No. 4, pp. 404-419.

Oxford, Rebecca dan Martha Nyikos. (1989). “Variable Affecting Choice of Language Learning Strategies by University Students”, The Modern Language Journal Vol. 73 No. 3, pp. 291-300.

Rahman, H., Sakkir, G., & Khalik, S. (2020). Audio-Lingual Method to Improve Students’s Speaking Skill at Smp Negeri 1 Baranti. La Ogi: English Language Journal, 6(1), 15-21.

Reiss, Ann. (1985). “The Good Language Learner: Another Look.” Canadian Modern Language Review 41: 511 – 23.

Renandya, Willy A. (1997). “Motivasi Integratif dan Instrumental: Sejauh mana Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris?” dalam PELLBA 10 (Yogyakarta: Kanisius, pp. 220.

Ririantika, R., Usman, M., Aswadi, A., & Sakkir, G. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE “MAKE A MATCH” TERHADAP HASIL BELAJARBAHASA INDONESIA. Cakrawala Indonesia, 5(1), 1-6.

Rubin, Joan. (1975). “What the ‘Good Language Learner Can Teach Us.” TESOL Quarterly 9, pp: 41 – 51.

Sadtono, E. (1986). “Wanted: Good Language Learners”, TEFLIN Journal Vol. VIII No. 1.

Sakkir, G. (2020). The Effectiveness of Pictures in Enhance Writing Skill of Senior High School Students. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1).

Sakkir, G., & Usman, M. (2018). MOVIE IN ENHANCING STUDENTS’VOCABULARY. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2).

Sakkir, G., Dollah, S., & Ahmad, J. (2021). Characteristics of a Good Efl Teacher: Indonesian Efl Students Perspectives. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 52-59.

Sakkir, G., Dollah, S., & Ahmad, J. (2022). Students’ Perception of the Presentation Activities in Online Speaking Class. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(3), 255-260.

Sakkir, G., Dollah, S., Arsyad, S., & Ahmad, J. (2021). Need Analysis for Developing Writing Skill Materials Using Facebook for English Undergraduate Students. International Journal of Language Education, 5(1), 542-551.

Sakkir, G., Mahmud, N., & Ahmad, J. (2020). Improving speaking ability using English" Shock Day" approach. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 3(2), 50-53.

Saputra, U. R., Maulina, M., Nasrullah, R., & Sakkir, G. (2021). Students’ Sentence Errors on WhatsApp Daily Status: A Literature Review. Celebes Journal of Language Studies, 23-31.

Schumann, John H. (1978). Understanding Second and Foreign Language Learning, Massachussets: Newbury House Publishers, Inc., pp. 163-178.

Snow, C dan Hofnagel Hohle. (1978). “The Critical Age for Language Acquisition” sebagaimana dikutip oleh M.F. Baradja, 1994, “Memperkenalkan Pemerolehan Bahasa Kedua”, Journal Pendidikan Humaniora dan Sains No. 1, p.6.

Spolsky, Bernard. (1989). Conditions for Second Language Learning, Oxford: Oxford University Press.

Stern, H. H. (1983). Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Stevick, Earl W. (1989). Success with Foreign Languages. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Weda, Sukardi. (2005). “English Language Learning Strategies Employed by Senior Secondary School Students”, Makalah disajikan pada KOLITA 3, Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Universitas katolik Atmajaya Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 305 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.