Kompetensi Sosial Guru TK/Paud dalam Pembelajaran dan Dampaknya pada Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini

Syamsul Bachri Thalib(1*), Herlina Herlina(2), Tarmizi Thalib(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pengaplikasian kompetensi sosial guru di TK/PAUD masih jarang dibahas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaplikasian kompetensi sosial guru TK/PAUD dalam pembelajaran serta dampaknya pada perkembangan kepribadian anak. Desain penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan subjek guru TK/PAUD sebanyak 124 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala kompetensi sosial dan instrumen dampak kompetensi sosial siswa yang dianalisis dengan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaplikasian kompetensi sosial guru tergolong baik. Adapun dampak pada perkembangan kepribadian anak seperti perkembangan kepribadian siswa, di antaranya perubahan pada penyesuaian diri siswa, hadirnya karakter baik, minat sosial, percaya diri, simpati & empati, lebih komunikatif, mandiri & kreatif, mampu bekerja sama, menunjang pembelajaran, memahami konsep dirinya sendiri dan lain-lainnya.

 

Kata Kunci: Kompetensi Sosial, Pembelajaran, Perkembangan Kepribadian

Full Text:

PDF

References


Adjeng, J., & Hatta, I. (2015). Pengaruh Terapi ABA terhadap Interaksi Sosial Anak Autis di SLB Autis Prananda Bandung. Prosiding Psikologi, 430-436.

Amini, A., Kesumawaty, S., & Aktar, S. (2021). Analisis Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 660-667.

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media: Jakarta.

Bachtiar, M. (2016). Pendidik dan tenaga kependidikan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 4(197).

Badroeni, B., & Mayasarokh, M. (2019). Pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru PAUD di Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 7(1), 58-68.

Constantinus, C., & Brata, D. W. (2022). Pelatihan Minat dan Bakat untuk Memasuki Dunia Kerja di Era Pandemi pada Komunitas PKK “Candi Losmen” Kota Semarang. Pelita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 33-37.

Dewanti, S. (2012). Analisis kesiapan mahasiswa program studi pendidikan matematika sebagai calon pendidik profesional. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 17-27.

Ghoziyah, I. (2022). Efektivitas Bimbingan Konseling Terhadap Peningkatan Kemampuan Penyesuaian Diri AUD di Tk Sekecamatan Bungkal Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-22.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat,Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3), 269-284.

Hafid, Q., & Subandji, M. (2020). Kompetensi sosial guru PAUD dalam film little big master karya Adrian Kwan tahun 2015. (Disertasi, IAIN Surakarta).

Hasan, S. A., & Handayani, M. M.(2014). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa tunarungu di sekolah inklusi. Jurnal Psikologi pendidikan dan perkembangan, 3(2), 128-135.

Helmi, J. (2015). Kompetensi Profesionalisme Guru. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 7(2), 318-336.

Intani, C. P., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 65 – 70.

Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1-15.

Kasiram, M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Perss.

Kristianawati, E., & Djalali, M. A. A. (2014). Hubungan antara kematangan emosi dan percaya diri dengan penyesuaian sosial. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(3).

Kurniawati, A. (2013). Analisis kompetensi pedagogik guru matematika SMP Negeri di Malang. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 1(1).

Ma’sum, T. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 95-112.

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1-8.

Matondang, E. S. (2016). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34-47.

Maulana, I., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis kebijakan pendidikan anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 657-665.

Mustakim, M., & Gunawan, I. M. (2022). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Sikap Percaya Diri Siswa SMAN 1 Labuapi. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1).

Ni'mah, R. (2017). Hubungan empati dengan perilaku altruistik. At-tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 99-115.

Nugraha, A., & Rahman, F. (2017). Strategi kolaborasi orangtua dengan konselor dalam mengembangkan sukses studi siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 128-136.

Nuraena, F. L. (2014). Peran Tutor Dalam Menumbuhkembangkan Kepribadian Anak Usia Dini Melalui Kelompok Bermain Berbasis Islam (Studi Deskriptif di PGIT As Syifa Desa Tambak Mekar RT 24 RW 04 Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2).

Nurmalina, N. (2016). Hubungan Penerapan Bahasa Indonesia dengan Pengembangan Kepribadian Peserta Didik PAUD Kualu Ceria. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 73-78.

Pasaribu, D. (2021). Pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Jurnal Misi, 4(2).

Pasaribu, E., & Sijabat, D. (2022). Hubungan Kecemasan Berkomunikasi dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2342-2351.

Purnamasari, P. (2017). Analisis Kompetensi Sosial Guru Berdasarkan Penilaian Kinerja Guru Matematika SMPN se-Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. (Disertasi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Rahman, M., Kencana, R., & Faizah, N. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Edu Publisher: Tasikmalaya.

Rinawati, A. (2017). Analisis Kebutuhan (Need Assessment) Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Kepribadian Guru di Kabupaten Kebumen. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 4(2), 1-12.

Sabi'ati, A. (2016). Membangun Karakter AUD dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral di RA Masyithoh Pabelan Kab. Semarang. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1-14.

Sidharta, I., & Lusyana, D. (2014). Analisis Faktor Penentu Kompetensi Berdasarkan Konsep Knowledge, Skill, dan Ability (KSA) Di Sentra Kaos Suci Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, 8(1), 49-60.

Siskayanti, S. (2016). Analisis Kompetensi Sosial Guru Fisika Berdasarkan Penilaian Kinerja Guru 2010 Madrasah Aliyah di Kota Makassar. (Disertasi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Trenggonowati, D., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1).

Wijayanti, R. (2019). Pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar anak di PAUD Wika Pertiwi Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan. (Disertasi, UIN Raden Fatah Palembang).

Wulandari, R. S. (2016). Pola Asuh Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Orang Tua yang Mengikuti Program Bina Keluarga Balita (BKB) di Kelurahan Kutoharjo Kabupaten Purworejo). Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang.

Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. (2017). Perbedaan perkembangan sosial anak usia 3-6 tahun dengan pendidikan usia dini dan tanpa pendidikan usia dini di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1), 47-53.

Yasiko, D., Guslinda, G., & Syahrilfuddin, S. (2021). Analisis Kompetensi Sosial Guru Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Indonesian Research Journal on Education, 1(3), 110-116.

Yuliani, S., Hasna, W. O., & Hidayah, A. N. (2022). Hubungan Antara Percaya Diri dengan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Kelurahan Tampo Kabupaten Muna. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(1), 53-63.

Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).

Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis urgensi kompetensi kepribadian guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88-93.


Article Metrics

Abstract view : 468 times | PDF view : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.