Studi Kemampuan Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 5 Makassar

Adnan Adnan(1*), Nurhayati B(2), Andi Rahmat Saleh(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian survei, bertujuan untuk mengetahui studi kemampuan kognitif biologi siswa SMA Negeri 5 Makassar. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Makassar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA dan XI IPA SMA Negeri 5 Makassar tahun ajaran 2022/2023. Penarikan sampel dengan teknik simple random sampling menggunakan rumus slovin. Sampel penelitian sebanyak 72 orang dari siswa kelas X IPA 1 sebanyak 36 orang dan siswa kelas XI IPA 1 sebanyak 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal kemampuan berpikir tingkat tinggi berjumlah 25 soal multiple choice. Pengambilan data dengan membagikan soal kepada siswa secara luring. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi kemampuan kognitif biologi siswa SMA Negeri 5 Makassar dalam kategori tinggi sebesar 9,53% dengan frekuensi 49 orang, kategori sedang sebesar 52,92% dengan frekuensi 272 orang, dan kategori rendah sebesar 29,38% dengan frekuensi 151 orang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif biologi siswa SMAN 5 Makassar masih dalam kategori sedang.

 

Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Berpikir Tingkat Tinggi, Biologi

Full Text:

PDF

References


Adnan., Mulbar, U, Sugiarti., & Bahri, A. 2021. Scientific Literacy Skills of Students: Problem of Biology Teaching in Junior High School in South Sulawesi, Indonesia. International Journal of Instruction. 14 (3): 847-860.

Adnan, Hamka, Faisal, Dzulkarnain A. F. 2021. Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Biologi FMIPA UNM. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19”.

Ariyana, Y; Pudjiastuti, A; Bestary, R; dan Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Akmala, Nur F., Suana, W., Sesuna, F. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, Vol. 11 (2): 67-72.

Angraini, G. dan Sriyati, S. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada Konten Biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS). 1 (1): 114-124.

Hidayah, N., Tureni, D., Astija, Shamdas, G. B. N. 2022. Analisis Soal Ujian Biologi Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di SMAN 9 Palu. Journal of Biology Science and Education (JBSE), 10 (1), 59-65.

Lim, Leonel. 2011. Beyond logic and argument analysis: Critical thinking, everyday problems and democratic deliberation in Cambridge International Examinations’ Thinking Skills curriculum. Journal of Curriculum Studies, 43 (6), 783-807.

Reta, I Ketut. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurusan Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Urban, K.K. 2004. Assesing Creativity: The Test for Creative Thinking-Drawing Production the Concept, Application, Evaluation, and International Studies. Journal of Psychology Science, 46.

Widarta, F.O., Artika, W. 2021. Analisis Bentuk Stimulus, Dimensi Kognitif, dan Karakteristik HOTS pada Instrumen Evaluasi Mata Pelajaran IPA Karya Guru, JIPI, 5, 197-208.

Wijaya, Purba A., dan Suyono, A. 2019. Profil Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan Instrumen Tes Mengacu Standar Hots pada Mata Kuliah Evaluasi dan Teknik Pencapaian Hasil Belajar. PeKA Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 7(2)


Article Metrics

Abstract view : 142 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.