Pengaruh Metode Belajar Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 12 Parepare

Nurjannah Nurjannah(1*), Abd Halik(2), Nur Ilmi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Riset-riset mengenai peningkatan keterampilan membaca di tiap satuan pendidikan telah menjadi fokus bersama oleh para praktisi dan akademisi Indonesia. Persoalan ini makin menjadi prioritas saat krisis pembelajaran melanda dunia pendidikan terutama selama masa pandemi Covid-10. Olehnya itu penelitin ini mencoba berfokus pada permasalahan ini, yakni hasil belajar membaca pemahaman pada Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 yang menyesuaikan pemulihan pembelajaran di Sekolah Dasar. Dengan demikian, penelitian pre- experimental dengan one-group pretest-posttest design dipilih untuk menganalisis rumusan masalah dengan menggunakan metode belajar Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) terhadap peningkatan hasil belajar membaca pemahaman siswa Kelas IV UPT SDN 12 Parepare pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Alur penelitiannya dimulai dengan pengelolaan nilai pre-test, pengenalan dan pemberian perlakuan eksperimental, pengawasan proses eksperimen, dan pemberian dan pengumpulan postest, serta tanya-jawab bersama partisipan selama eksperimen. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, tes, studi dokumen dan dokumentasi. Kumpulan data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS. Hasil data penelitian kemudian membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari pemberian perlakuan dalam bentuk pre-test dan post-test atas penerapan metode belajar SQ4R terhadap peningkatan hasil belajar membaca pemahaman siswa Kelas IV UPT SDN 12 Parepare dengan dibuktikan melalui hasil uji normalitas dengan teknik one-sample Kolmogorov-Smirnov test yang berdistribusi normal dan hasil uji hipotesis dengan teknik paired sample t-test yang bersignifikansi 0,000 < 0,05 dan t-hitung 6,940 > 2,093.

 

Kata Kunci: Metode Belajar, SQ4R, Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Anggraini, U., Luthfi, A., & Rizal, M.S. (2021). Pengaruh strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(2), 18-27. https://doi.org/10.3100/ jote.v2i2.1284

Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (5th ed.). Pearson (Karya orisinil dipublikasikan 2008).

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches Research (5th ed.). Sage Publications (Karya orisinil dipublikasikan 1994).

Cox, C. (1999). Teaching language arts: a Student-and response-centered classroom. Allyn and Bacon.

Dalman. (2017). Keterampilan membaca (Cetakan Ketiga). Rajagrafindo Persada. Gunarsa, I M. D., Sudarma, I K., & Dibia, I K. (2018). Pengaruh strategi SQ4R berbantuan

Satua Bali terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1), 10-19. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.12920

Kusnandar, V. B. (2022, 20 Januari). Indeks Literasi Digital Indonesia Masuk Kategori Sedang pada 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/20/ indeks-literasi-digital-indonesia-masuk-kategori-sedang-pada-2021

Novrizaldi. (2021). Tingkat literasi Indonesia memprihatinkan, Kemenko PMK siapkan peta jalan pembudayaan literasi nasional. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/ tingkat-literasi-indonesia-memprihatinkan-kemenko-pmk-siapkan-peta-jalan- pembudayaan-literasi

Robinson, F.P. (1961). Effectice study (revised edition). Harper & Row (Karya orisinil dipublikasikan 1941).

Sari, N.A.D., Syamsuri, A.S., & Arif, T.A. (2020). Pengaruh metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) terhadap membaca pemahaman siswa Kelas V SD Inpres Tetebatu Kabupaten Gowa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 16-21. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.11769

Silberman, M.L. (2006). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif ( R. Muttaqien, Penerjemah). Penerbit Nusamedia.

Sudiati. (2019). Pendalaman materi Bahasa Indonesia Modul 4 keterampilan berbahasa reseptif. Kemendikbud.

Sulikhah., Utomo, S., & Santoso. (2020). Pengaruh teknik SQ4R (survey, question, read, reflect, recite, review) dan teknik skema terhadap kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa SD Negeri Kelas III di Kecamatan Karanganyar Demak. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 365-385. https:// jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/download/4752/2159

Tilaar, H.A.R. (2012). Kaleidoskop pendidikan nasional. Kompas Media Nusantara.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.