Efektivitas Model Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi di SMP

Sulastriningsih Djumingin(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Efektivitas model Mind Mapping dalam pembelajaran menulis teks biografi di SMP. Penelitian ini bertujuan: (1)
mengkaji perbedaan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar, antara yang menggunakan
model Mind Mapping dengan pembelajaran konvensional. (2) mendeskripsikan efektivitas penggunaan model Mind Mapping
dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini termasuk bagian dari
metode penelitian quasi experimental atau eksperimen semu yang merupakan pengembangan dari metode true experimental.
Penelitian eksperimental yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian
dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan
dengan menggunakan model Mind Mapping dan pada kelompok kontrol diberikan perlakuan pembelajaran model
pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 150 orang. Penarikan sampel
dilakukan dengan teknik cluster sampling. Kelas yang terpilih menjadi sampel yaitu kelas VII2 sebanyak 32 orang. Kelas VII4
dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan, yaitu tes dan observasi. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes tertulis yaitu tes menulis teks biografi. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang
diolah dengan menggunakan program SPSS 21 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat
perbedaan yang siginifikan antara kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makakssar yang
menggunakan model Mind Mapping dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Hasil analisis statistik
inferensial menunjukkan bahwa thitung = 3.000 sedangkan ttabel = 2.020. Hal ini menunjukkan bahwa thitungĀ¬> ttabel, sehingga
hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesisi alternatif (H1) diterima. (2) Penggunaan model Mind Mapping efektif pada
pembelajaran menulis teks biografi. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan menulis teks biografi siswa pada kelas eksperimen
mencapai 90%, sedangkan persentase ketuntasan menulis teks cerpen siswa pada kelas kontrol hanya mencapai 70%

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 728 times | PDF view : 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.