Pemberdayaan Guru melalui Pelatihan Analisis Butir Instrumen Tes dengan Bantuan Sofware TAP

Mansyur Mansyur(1*), Akbar Iskandar(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan tulisan ini dimaksudkan untuk menjelaskan secara deskriptif kuantitatif terkait persepsi guru terhadap penggunaan software TAP dalam menganalisis instrument tes. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama 2 bulan yang dimulai dari melatih guru menulis dan mengembangkan butir instrument, melatih menganalisis butir instrumen dengan bantuan software TAP, dan Melatih guru mengintrepretasi. Setelah pelatihan selesai peserta diminta untuk memberikan respon terhadap kegiatan yang telah dilakukan dengan mengisi kuesioner. Hasil pengabdian ditemukan bahwa peserta pelatihan yang menyatakan pengabdian ini sangat membantu sebanyak 15 orang (50%), Membantu 46.7%, Cukup membantu 3.3% dan tidak terdapat peserta yang menyatakan tidak membantu. Selain itu, sebagian besar peserta pelatihan menyatakan belum pernah mengikuti pelatihan analisis butir instrument tes baik yang menggunakan software TAP maupun software lainnya. Hal ini terlihat pada jumlah peserta yang pernah mengikuti pelatihan analisis butir hanya sebanyak 6.7% sedangkan peserta yang tidak pernah mengikuti sebanyak 93.3% dan 100% responden yang belum pernah menggunakan software TAP dalam menganalisis butir instrument tes. Secara keseluruhan, para peserta memberi respon positif terhadap pelaksanaan pelatihan analisis butir soal dengan bantuan sofware TAP

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 735 times | PDF view : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.