Persepsi Pembelajaran Daring Guru PJOK di Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri se Kecamatan Manggala Kota Makassar

Juhanis Juhanis(1*), Andi Mas Jaya(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru PJOK terhadap pembelajaran daring dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 di / Tahun 2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 guru PJOK SD Negeri Se Kecamatan Manggala Kota Makassar, penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Validitas sebesar 0,585 dan reliabilitas sebesar 0,816 maka instrumen dalam penelitian ini dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa persepsi guru PJOK terhadap pembelajaran daring dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Pandemi Covid-19 di SD Negeri Se Kecamatan Manggala Kota Makassar Tahun 2020 masuk dalam kategori sangat positif persentase 6,38% atau 3 orang, kategori positif persentase 21,27% atau 10 orang, kategori sedang persentase 42,56% atau 20 orang, kategori negatif persentase 23,40% atau 11 orang, dan kategori sangat negatif persentase 6,38% atau 3 orang. Sehingga dapat dikatakan persepsi guru PJOK SD Negeri Se Kecamatan Manggala Kota Makassar kategori sedang. 

Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Daring, PJOK, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Akhiruyanto, A. (2008). Model pembelajaran pendidikan jasmani dengan pendekatan permainan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 5, Nomor 2.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, W, A, F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajar Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 Nomor 1, hlm 55-61.

Hamalik, O. (2010). Media pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Hendrayana, Y, Mulyana, A & Budiana, D. (2018). Perbedaan persepsi guru pendidikan jasmani terhadap orientasi tujuan instruksional pada pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Journal of Physical Education and Sport, Volume 1 Nomor 1.

A, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. https://kabar-priangan.com. Diakses 5 Juli 2020 jam 20.15.

Paturusi, A. (2012). Manajemen pendidikan jasmani dan olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyadi, I. (2015). Persepsi Siswa Kelas VIII SMP N 5 Sleman terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan Kurikulum 2013 Tahun 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihartiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Syah, R, H. (2020) Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Budaya-17 (5).

Taovan, R. (2018). Persepsi Siswa Kelas VIII terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP N 2 Tempel Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.


Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.