Desain Panduan Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui: (1) Gambaran hasil desain panduan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa; (2) Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa mudah pemanfaatannya; dan (3) Efektivitas implementasi panduan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa. Metode penelitian ini adalah Resarch dan Development, dengan menggunakan model ADDIE. Objek penelitian ini yang akan diuji adalah Buku panduan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yng bentuk penyajian datanya menggunakan deskripsi dan gambar-gambar. Hasil penelitian (1) proses Desain buku panduan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa adalah menggunakan model desain Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Tampilan fitur-fiturnya adalah Fitur utama perpustakaan.unm.ac.id, fitur menu utama, fitur layanan yang tersedia, fitur artikel ilmiah. Buku panduan tersebut dinyatakan efektif dan efisien. Untuk itu disarankan agar dimanfaatkan oleh dosen pegampu mata kuliah agar mengarahkan mahasiswanya untuk menelusur informasi / referensi
Kata Kunci: Perpustakaan, Buku, Panduan
Full Text:
PDFReferences
Anonim, (2021). Pengertian, Tujuan dan Peran Perpustakaan, http://www.bpkp.go.id/ pustakabpkp/index.php?p=pengertian, %20tujuan
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: KENCANA.
Azhar Arsyad .2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Baroh. 2010. Efektifitas Metode Simulasi Pada Materi Peluang Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Semarang. Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya.
Batubara, Handan Husein. 2018. Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish.
Ekawati, Tiwi. 2017. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran DI MTS Aulia Cendekia Palembang. Skripsi (S1). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang: Tidak Diterbitkan
Fauzi, Moh. Fery & Anindiati, Irma. 2020. E-Learning Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UMMPress.
Firdaus, A. M. 2016. Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. BETA: Jurnal Tadris Matematika. Vol 9 No 1 (2016). https: //jurnalbeta.ac.id /index.php/betaJTM/article/view/1 DOI 10.20414/Betajtm.V9i1.1
Kurniasari dkk. 2020: Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR): Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 6 No 3 (2020). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/10423
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi. Bandung: Alfabeta.
Prasojo, Lantip Diat dan Riyanto. 2011.Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. : Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol 9 No 1 (2015). http: // journal.unj.ac.id/unj/index.php / jpud / article /view/3491
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Sadulloh, Uyoh. 2015. Pedagogik. Bandung: Alfabeta
Surjono, Herman. D. 2013. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.
Article Metrics
Abstract view : 103 times | PDF view : 32 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.