Studi Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajaib Berseri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Disgrafia

Kasmawati Kasmawati(1*), Zulfitrah Zulfitrah(2), Mufa’adi Mufa’adi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Anak yang mengalami gangguan kesulitan menulis dikenal dengan istilah disgrafia. Kemampuan menulis berkaitan dengan aspek perkembangan motorik. Kesalahan menulis yang sering ditemui pada anak disgrafia yaitu ejaan dan kapitalisasi, ukuran dan jarak huruf yang tidak tepat, menulis lambat atau susah payah, posisi tubuh atau tangan yang tidak biasa saat menulis, memegang erat pena atau pensil yang menyebabkan kram tangan, menghilangkan huruf dan kata dari kalimat. Siswa dengan disgrafia dapat diberikan intervensi untuk meminimalisir hambatannya dengan memberikan program yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan disgrafia seperti buku ajaib berseri. Peneliti melakukan serangkaian metode pengumpulan data yakni dengan melakukan kegiatan observasi, selanjutnya melakukan wawancara, dan melakukan dokumentasi. Parameter keberhasilan buku Ajaib berseri ini dapat membantu pembelajaran siswa dengan disgrafia dan dapat dikembangkan oleh pendidik dengan luluasa sesuai kemampuan dan kebutuhan. Sehingga pada akhirnya buku Ajaib berseri dapat meningkatkan keterampilan dan minat siswa dalam menulis.  
 
Kata Kunci : Siswa disgrafia, Buku Ajaib berseri

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, M. (1998). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Proyek pendidikan Tenaga Guru, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Asmaranty, Hasanah, Suwignyo. (2019). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol.4, No.10, Hal. 1417-1426. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Astuti, M, P.(2003). Membantu Anak disgrafia. dalam http://www.tabloid nakita.com/Panduan/panduan05233-02.htm diunduh 10 Oktober 2015.

Azwandi, Y. (2007). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus: Anak dengan Gangguan Penglihatan (Buta Total dan Low Vision), Anak Autisme, Anak Berkesulitan.

Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.

Budiani, Marhaeni, Putrayasa. (2018). Kesulitan Membaca Kata Anak Disleksia Usia 7-12 Tahun Di Sekolah SDN 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Bali. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol.2 No, Agustus 2018.

Haifa, Mulyadiprana, Respati. (2020). Pengenalan Anak Pengidap Disleksia. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.7, No. 2 (2020) 21-32. ISSN: 2613-9553.

Hana Shofiyah, - (2020) Analisis Kesulitan Belajar Anak Disgrafia Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/52355/

Hidayah, Wahyuni, Hasnanto. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 2020, 59-66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Kendell, J dan Stefanyshyn, D. (2012). Supporting Written Output Challenges with Technology diakses 8 april 2021 dari http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Supporting_Written_Output_Challenges_with_Technology

Khairunnisak. (2015). Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan: Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh, Banda Aceh. Jurnal Pencerahan. Vol. 9, No. 2 September 2015, 66-82.

Lerner, Janet.W, (2000). Learning Disabilities. Edisi 9, Boston: Houghton Mifflin Company.

Lidwina, Soeisniwati. (2012). Disleksia Berpengaruh Pada Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal STIE Semarang, Vol 4, No.3 Edisi Oktober 2012 (ISSN: 2252-7856).

Mangunsong, F. (2009). Psikologi & Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Jilid 1). Jakarta: LPSP3 UI.

Nani, E. S. (2011). perkembangan motorik. bandung: repository upi.Suhartono. (2016). Pembelajaran Menulis Untuk Anak Disgrafia di Sekolah Dasar. Transformatika, 107-119.

LP2M UNM. (2021) Panduan PNBP Penelitian LP2M UNM. Tidak diterbitkan.

Rahmat, Pupu Saeful, Tuti Heryani. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosakata. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 8 Edisi I, April 2014.

Santrock, John W. (2004). Psikologi Pendidikan. Edisi Bahasa Indonesia Terjemahan Winarti. McGraw-Hill Companies. Jakarta: Gramedia.

Sativa, Deniantp Yoga. (2012). Penggunaan Media Kartu Untuk Menungkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sunanto, J (2002). Mengharap Pendidikan Inklusif. Makalah. Bandung: Program Pascasarjana UPI.

Sunardi dan Sugiarmin, M. (2001) Identifikasi Karakteristik Perilaku Belajar Akademik Siswa.

Learning Disabilities: Laporan Penelitian Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta: Tidak Dipublikasikan.

Yusuf, Munawir, Sunardi, Mulyono Abdurahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

SUMBER ONLINE

https://www.healthline.com/health/what-is-dysgraphia di akses 8 april 2021


Article Metrics

Abstract view : 568 times | PDF view : 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.