Pengaruh Keikutsertaan Dosen Pada Pelatihan Pekerti Terhadap Kemampuan Pedagogisnya

Sudding Sudding(1*), Halimah Husain(2), Muhammad Fahmuddin S(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program PEKERTI dan AA merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogic bagi para dosen, baik di perguruan tinggi negeri, maupun di perguruan tinggi swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari sejauhmana manfaat keikut sertaan dosen dalam kegiatan pelatihan PEKERT terhadap perannya sebagai tenaga pengajar di prodi masing-masing, mempelajari kelemahan-kelemahan atau kekurangan-kekuranganh dalam pelaksanaan pelatihan PEKERTI di Universitas Negeri Makassar, yang akan dijadikan modal atau dasar dalam mengevaluasi atau perbaikan pelaksanaan berikutnya, dan mengetahui tingkat kepuasan dosen-dosen peserta pelatihan PEKERTI akan materi peltihan yang diperoleh. Survei tentang PEKERTI dilaksanakan melalui angket di goggle form. Pertanyaan diberikan menyangkut pelatihan (tujuan, waktu, pemateri, sarana dan prasarana, media, serta materi), motivasi (suka mengatasi rintangan dan ingin maju), kinerja mengajar (perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran), dan tugas mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dosen-dosen yang telah mengikuti PEKERTI sangat setuju bahwa pelatihan PEKERTI bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan pedagogisnya.

Kata Kunci: Pelatihan, PEKERTI, Dosen


Full Text:

PDF

References


Sindiker Dikti. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen”

Wikipedia. “Pedagogi”.

Joy Net. “Aspek dan Indikator Kompetensi Pedagogik”.

Ahmad Faizin dan Winarsih, 2008,Hubungan Tingkat Pendidikan dan LamaKerja Perawat dengan Kinera Perawat di RSUPandan Arang Kabupaten Boyolali. Beritailmu Keperawatan, ISSN,1979-2397. Vol.1 No. 3 September 2008.

Amelia, Rina, 2009, Pengaruh MotivasiBerpretasi Terhadap Kinerja Perawat DalamAsuhan Keperawatan Pasien di Rumah SakitJiwa Di Medan Propinsi Sumatera Utara.http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789 /6657/7/

Gibson, James L., James H, Donnelly Jr. andIvancebich, John M., 1996, OrganisationalBehavior, structure, process.8th Edition. Alihbahasa: Adiardini, Editor Saputa.Binarupa Aksara Jakarta.

Miller, R.I., 1980, Appraising institutionalperformance, Improving AcademicManagement, USA: John Wiley and Sons

Mulyana, Agung, Didik, 2005, Studi TentangKemampuan Kerja, Iklim Organisasi, danMotivasi Terhadap Kualitas PelayananKesehatan Di Rumah Sakit Umum DaerahKotaSemarang.http://eprints.undip.ac.id/14750/1/img-517074358.pdf

Robbins, Stephen P.,, 2003. OrganizationalBehavior: New Jersey: Printice Hall, Incupper Saddle River.

Udin S.W. 2005. Modelo-model Pembelajaran Innovatif. PAU-PPAI Universitas Terbuka, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.