Penerapan E-Modul Kimia Anorganik Berbasis Flip Pdf Professional Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa

Ramlawati Ramlawati(1*), Sitti Rahma Yunus(2), Arie Arma Arsyad(3), Fitha Armenthy Lino Padang(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang menerapkan  E-Modul Kimia Anorganik Berbasis Flip PDF Professional Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahu: 1) peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada materi  Kimia Anorganik setelah penerapan e-modul Kimia Anorganik Berbasis Flip PDF Professional berbantuan Augmented Reality, 2) ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep yang signifikan sebelum dan setelah penerapan e-modul Kimia Anorganik Berbasis Flip PDF Professional berbantuan Augmented Reality. Populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan IPA yang mengambil mata kuliah Kimia Anorganik pada semester ganjil Semester Ganjil tahun akademik 2021/2022. Populasi penelitian terdiri atas tiga kelas yaitu kelas A, kelas B, dan kelas ICP yang masing-masing terdiri dari 40 orang, 36 orang, dan 27 orang dengan total populasi sebanyak 103 orang. Sampel penelitian merupakan sampel jenuh, dengan mengambil semua mahasiswa dalam populasi penelitian. Desain penelitian adalah One group pretest-postest Design.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1) Peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada materi  Kimia Anorganik setelah penerapan e-modul Kimia Anorganik Berbasis Flip PDF Professional berbantuan Augmented Reality sebesar 0,69 (kategori sedang), 2)  Terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep mahasiswa pada materi Kimia Aorganik sebelum dan setelah penerapan e-modul Kimia Anorganik Berbasis Flip PDF Professional berbantuan Augmented Reality pada α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  penerapan e-modul Kimia Anorganik Berbasis Flip PDF Professional berbantuan Augmented Reality dapat meningkatkan. pemahaman konsep mahasiswa.                                                                                                      

Kata KunciFlip PDF Professional, Augmented Reality, pemahaman konsep

 


Full Text:

PDF

References


Farida, I. 2018. Bidang Kajian dan Model-model Penelitian Pendidikan Kimia. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Gilbert, J.K. & Treagust, D.F. (2009). Introduction: Macro, sub-micro and symbolic representations and the relationship between them: Key models in chemical education. In: J. K. Gilbert & D. Treagust (Eds.). Multiple Representations in Chemical Education: Models and Modeling in Science Education. Dordrecht: Springer.1-8safitr.

Gilbert, John K. (2005). Visualization: a metacognitive skill in science and science education. In Gilbert, J.K. (Ed.), Visualization in Science Education. Dordrecht: Springer.

Hake, R, R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Himmah, E. F. 2019. Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi : Universitas Islam Negeri.

Irwansyah, F.S., Asyiah, E.N., dan Farida, I. 2019. Augmented Reality-based Media on Molecular Hybridization Concepts Learning. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 4 (2): 227-236 (2019).

Jihad A and W. Susilawati N.Sorbaningsih 2018 Improving Mathematical Understanding Ability Student throught Study of Mobile Learning Mathematical Base on the Android 3rd An-nual Applied Science and Engineering Conference (AASEC 2018) pp 1–4

Nurjayadi, M., Sadono, R., and Afrizal. 2021. Development of e-module Structure And Protein Function With Flip Pdf Professional Application Through Online Learning. The 2nd Science and Mathematics International Conference (SMIC 2020) AIP Conf. Proc. 2331,

Safitri, N.C., Nursa’adah, E., dan Wijayanti, I.E. 2019. Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa Pada Konsep Laju Reaksi. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan).Vol.4, No.1, 2019. (pp 1-12).

Serevina, V., Sunaryo, Raihanati, Astra, I. M., Sari, I.J. 2018. Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student S Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology. Vol. 17. No. 3.

Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., and Nurjayadi, M. 2020. Implementation of e-module flip PDF professional to improve students' critical thinking skills through problem based learning. Journal of Physics: Conference Series. International Conference on Mathematics and Science Education 2019 (ICMScE 2019). https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1521/4/042085/pdf.

Sugianto, D., Abdullah, A.G., Elvyanti, S., Muladi, Y. 2013. Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC. Vol. IX. No. 2.

Treagust, D., G. Chittleborough, and T. Mamiala. 2003. The Role of Submicroscopic and Symbolic Representation in Chemical Explanation. nternational Journal of Science Education. 25 (11) :1353-1368.

Zidny, R., Sopandi, W., dan Kusrijadi, A. 2015. Gambaran Level Submikroskopik Untuk Menunjukkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Kimia Dan Stoikiometri. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. JPPI, Vol. 1, No. 1, November 2015, Hal. 42-59.


Article Metrics

Abstract view : 348 times | PDF view : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.